Prioritaskan Pembangunan Infrastruktur dan Tanggul Anti Banjir di Wilayah Gresik Selatan

0 telah menandatangani. Mari kita ke 100.


#banjirgresik

Wilayah Gresik Selatan yang selalu menjadi langganan banjir, karena luapan Kali Lamong adalah masalah klasik yang sudah terjadi selama puluhan tahun. Diperlukan kajian serius dan prioritas agar daerah ini bisa terbebas dari banjir tahunan. 

Belajar dari negeri Belanda yang terbebas dan mampu memanfaatkan banjir, bisa jadi solusi mutakhir dan tepat guna agar wilayah di Gresik Selatan ini bisa menikmati kue pembangunan yang merata. Dana besar dan anggaran APBD semestinya bisa diarahkan untuk pembangunan dan kemakmuran bagi masyarakat di wilayah ini. 

Fenomena yang selama ini kita lihat hanya sebuah aksi tambal sulam dan belum menjadi sebuah solusi komprehensif. Diperlukan keseriusan total, tranparansi, profesionalisme, akuntabilitas, untuk menyelesaikan permasalahan klasik menahun di wilayah Gresik Selatan ini. 

Jebolnya tanggul penyangga Kali Lamong adalah sebuah isyarat kurangnya perhatian dan maintenance serius terhadap infrastruktur penahan banjir. Fokus pembangunan infrastruktur penahan dan anti banjir di daerah ini mutlak perlu di beri alokasi dan proporsi anggaran yang signifikan. 

Proyek-proyek yang menelan biaya miliaran dan kurang begitu berdampak signifikan langsung ke masyarakat seharusnya lebih di nomer sekiankan, sebelum pembangunan infrastruktur yang bersentuhan langsung dengan kemaslahatan rakyat. Solusi infrastruktur banjir ini misalnya, yang harus di prioritaskan. 

Belanda tidak serta merta menghindari banjir, mereka belajar dan menggunakan teknologi untuk memberi jalan banjir seluas-luasnya. Banjir di beri jalan, diberi tempat agar tidak merusak.

Bantuan kemanusiaan baik berupa mie bungkus dan semua logistik, itu perlu dan sangat dianjurkan, namun....

Perhatian pemerintah terhadap musibah banjir, selayaknya tidak sebatas hanya seremonial pemberian bantuan mie dan air mineral yang tidak menyentuh akar permasalahan bencana. 

Prioritaskan dan fokuskan pembangunan infrastruktur sebagai solusi banjir pada daerah-daerah langganan banjir di wilayah Gresik Selatan. 

Semoga Gresik menjadi lebih baik dan bebas banjir.