Kemenangan dikonfirmasi

Lepaskan Penyu dan Hiunya, Sekarang!

Petisi ini membuat perubahan dengan 4.863 pendukung!


Saya dan teman saya hanya wisatawan biasa yang bepergian di libur lebaran kemarin. Kami memilih mengunjungi Grand Watudodol, Banyuwangi untuk snorkeling di sekitaran pantai. Kami mendapatkan info bahwa kami bisa snorkeling sekaligus mengunjungi rumah apung penangkaran hiu di sana. Tapi kami tidak menyangka bahwa “penangkaran” hiu ini justru seperti “penjara” bagi 5 hiu plus 1 penyu dewasa yang dikurung dalam jaring di tengah laut. Saya bertanya pada penjaga rumah apung, kira-kira seperti ini percakapannya,

“Hiunya kapan akan dilepas ke laut pak?”

“Gak. Gak akan dilepas, wong buat wisata.”

“Meskipun sudah besar nanti gak dilepas?”

“Gak akan dilepas.”

“Hiunya didapat dari mana pak?”

“Beli, satu hiunya 3 juta”

“Penyunya juga?”

“Iya.”

“Kalau penyunya juga gak dilepas?”

“Gak.”


Kami pikir mereka adalah satwa yang dilindungi, dan jual beli satwa ini bukankah ilegal? Mengapa mempertahankan 1 penyu dewasa dan 5 hiu seukuran lengan di jaring? Hanya untuk pertunjukan? Informasi lain kami dapatkan dari penjaga pantai untuk mengkonfirmasi pernyataan bapak penjaga rumah apung, ia bilang satwanya akan dilepas namun tidak tahu kapan. Aneh sekali tidak melepas satwa tersebut saat itu juga karena penyu yang ada terlihat sudah dewasa. Saya sadar ini terdengar picisan, namun melihat langsung penyu yang menggigiti jaring berusaha kabur ke laut lepas, dan melihat hiu-hiu mondar-mandir dalam jaring yang sempit cukup membuat saya sedih.

Saya harap Badan Lingkungan Hidup Banyuwangi bisa meninjau lokasi ini dan segera mengambil tindakan yang tepat untuk membebaskan satwa tersebut ke laut lepas!



Hari ini: Muhamad mengandalkanmu

Muhamad Amrie membutuhkan bantuanmu untuk mengajukan petisi "Dinas Pariwisata Banyuwangi: Lepaskan Penyu dan Hiunya, Sekarang! @bravonur". Bergabunglah dengan Muhamad dan 4.862 pendukung lainnya hari ini.