Petisi Penggalakan Pembuangan Sampah di Malang

0 telah menandatangani. Mari kita ke 100.


Salam kenal, kami mahasiswa dari Universitas Ma Chung Malang.

seperti yang kita ketahui bahwa tahun ini seluruh dunia banyak yang terkena dampak dari penyakit Covid-19. Mulai dari kesehatan hingga ekonomi kita semua juga diharuskan untuk menggunakan masker selama masa pandemi Covid-19.

Namun yang disayangkan adalah  banyak penggunaan masker sekali pakai yang tidak dibuang di tempat yang semestinya(tempat sampah). WHO menyarankan kepada masyarakat untuk membuang masker sekali pakai di tempat sampah yang tertutup.Tetapi kami banyak menemukan masker yang dibuang secara sembarangan di Kabupaten Malang.

di Indonesia sendiri sampah masker bertambah sekitar 0,1% dari timbunan sampah selama masa pandemi Virus Corona. 

Hal ini disampaikan Direktur Jendral Pengolahan Sampah Limbah, bahan beracun dan berbahaya(Dirjen PSLB3) Kementrian Lingkungan Hidup dan Kehutanan Rosa Vivien Ratnawati dalam webinar hari tanpa kantong plastik sedunia, Kamis (16/7/2020). 

"Saya imbau disini bahwa kalau kita sehat, pakailah masker yang guna ulang untuk mencegah timbunan sampah baru," ujar Vivien

Oleh karena itu, melalui petisi ini kami berharap agar kesadaran masyarakat akan sampah masker sekali pakai yang dibuang secara sembarangan meningkat. Dengan demikian, kita dapat bersama-sama membangun lingkungan hidup yang lebih baik serta mendukung penurunan angka korban Covid-19.