Fakultas Sains dan Informatika bebas dari kantong plastik sekali pakai

0 telah menandatangani. Mari kita ke 100.


Pada era saat ini, plastik sudah menjadi polemik yang sangat menggetarkan dunia ini. sudah tidak dapat dipungkiri lagi, bahwa Indonesia sebagai penyumbang sampah plastik ke laut terbesar ke-2. Ini menjadi perhatian yang sangat penting bagi kita warga Indonesia. Sebanyak 9,85 Miliar lembar kantong plastik per tahun yang dikelaurkan oleh toko-toko modern, belum lagi toko-toko tradisional.

Kantong plastik sangatlah erat hubungannya dengan kehidupan kita sehari-hari. Di samping itu perlu kita ketahui bahwa, kantong plastik yang kita buang membutuhkan waktu ratusan hingga ribuan tahun untuk dapat terurai. Apakah sebanding dengan usia kita hidup selama di dunia ini ? Belum lagi bahan baku yang digunakan untuk memproduksi kantong plastik itu berasal dari minyak bumi, yang mana sumber daya alam yang tidak bisa diperbaharui.

Banyak sekali yang dirugikan dengan adanya limbah kantong plastik yang dibuang. Kasus jerapah dan paus yang mati karena terdapat limbah plastik di dalam perutnya. Tidak hanya itu, dilihat dari lama terurainya kantong plastik mengakibatkan lingkungan menjadi tercemar. 

Sudah saatnya kita sebagai mahasiswa yang merupakan bagian dari lapisan masyarakat perlu adanya kepedulian untuk mengatasi polemik ini. Berdasarkan survey yang dilakukan oleh Alelopati F SI Unjani selama 8 hari didapatkan 801 lembar kantong plastik yang digunakan oleh mahasiswa F SI Unjani. Lalu bagaimana kondisinya jika dalam kurun waktu 1 bulan, 1 tahun, bahkan bertahun-tahun ?

Sudah saatnya kita menggunakan kantong belanja ramah lingkungan, seperti goody bag, paperbag, dan lain sebagainya. Membawa tumblr dan kotak makan yang bisa dipakai ulang menjadi salah cara untuk mengurangi limbah kantong plastik.

Dengan anda menandatangani petisi ini berarti anda peduli dengan diri anda sendiri dan juga lingkungan yang bebas kantong plastik.

Jangan tunda-tunda lagi !! Selamatkan Lingkungan ini dari limbah kantong plastik sekali pakai !!