Pembentukan,Pelegalan, dan menempuh kedaulatan Himpunan Mahasiswa Jurusan(HMJ)KM FKM UNSRI

Pembentukan,Pelegalan, dan menempuh kedaulatan Himpunan Mahasiswa Jurusan(HMJ)KM FKM UNSRI

0 telah menandatangani. Mari kita ke 200.


  • Assalamu'alaykum warrahmatullah wabarakatuh

    Hidup Mahasiswa!

    Sudah kurang lebih 3 tahun lamanya, Keluarga Mahasiswa FKM UNSRI berjuang demi berdirinya Himpunan Mahasiswa Jurusan (HMJ) dimana sejak Tahun 2017, FKM sudah memiliki 3 prodi yaitu IKM, Gizi, dan IKL. Di dalam sistem pemerintah KM UNSRI, terdapat suatu badan eksekutif, legislatif, yudikatif dan juga organisasi minat dan bakat maupun Badan Otonom. Sistem pemerintah KM UNSRI memiliki sistem yg Hampir sama dengan negara Kita Indonesia tercintah, dimana terdapat pemerintah pusat hingga ke wilayah atau daerah2 kecil. Hal ini menjadi cerminan sistem yg terdapat di KM UNSRI. BEM selaku badan eksekutif,DPM  selaku badan legislatif, dan organisasi lainnya yg bernaung di bidang minat dan bakat juga kedaerahan. Tidak hanya sampai disitu, sistem ini jg secara desentralisasi menjadi tanggung jawab tiap fakultas hingga jurusan untuk turut andil dalam sistem pemerintah KM UNSRI.

    Jika pada sistem pemerintahan pusat terdapat BEM KM UNSRI, maka di tingkat wilayah kedua terdapat BEM KM Fakultas. Kemudian, ditingkat ketiga terdapat jurusan yg akan dinaungi oleh HMJ atau BEM KM Jurusan masing-masing fakultas. 

    Setiap tingkatan wilayah pemerintahan KM UNSRI terdapat BEM atau HMJ selaku badan eksekutif yang memiliki tanggung jawab masing-masing dan akan terdapat alur komando dan koordinasi di tiap tingkatan wilayah. BEM KM UNSRI akan memberikan tanggung jawab kepada setiap fakultas dan BEM KM Fakultas juga memberikan otonomi kepada jurusan untuk menaungi mahasiswa jurusan. Sehingga sistem pemerintahan KM UNSRI menggunakan sistem desentralisasi yang artinya segala urusan bukan hanya menjadi tanggung jawab BEM KM UNSRI.

    Itulah sebabnya berdirinya HMJ ini merupakan urgensi di KM FKM UNSRI. Kami percaya keberadaan HMJ ini akan memberikan banyak manfaat bukan hanya untuk kepentingan jurusan saja,namun untuk seluruh Keluarga Mahasiswa FKM UNSRI. Keikutsertaan seluruh mahasiswa jurusan dalam HMJ dapat mendukung akreditasi tiap prodi di FKM, kemudian HMJ pun akan menjadi jembatan bagi mahasiswa ke tingkat nasional, seperti IAKMI, ILMAGI, hingga HAKLI. Tidak hanya sampai disitu, HMJ ini akan memudahkan mahasiswa jurusan untuk berkontribusi secara penuh bukan hanya pada bidang akademik tetapi juga sosial dan pengalaman di lapangan. Akan banyak kegiatan2 yang sebenarnya tidak bisa dijangkau oleh BEM KM UNSRI ataupun BEM KM FKM UNSRI.

    Dalam UU KM UNSRI No.1 Tahun 2015 tentang Organisasi Kemahasiswaan Intra Kampus BAB XI Pasal 75 Dan Peraturan Fakultas KM FKM UNSRI No.01 Tahun 2019 BAB VII tentang organisasi kemahasiswaan menyebutkan bahwa HMJ merupakan penyelenggara pemerintahan tingkat jurusan/ program studi. 

    Maka dari itu kami percaya bahwa HMJ merupakan urgensi seluruh mahasiswa FKM UNSRI karena manfaat yang akan didapatkan bersifat jangka panjang. Dan kami yakin, akan semakin banyak mahasiswa yang akan peduli, berprestasi, dengan kreatif, inovatif , dana Tidak apatis lagi dengan FKM UNSRI.