Menolak kenaikan UKT pada Mahasiswa FISIP Universitas Udayana

0 telah menandatangani. Mari kita ke 1.000.


Kenaikan UKT dengan alasan kesalahan sistem cenderung memberatkan mahasiswa. Selain itu, tidak ada alasan yang cukup jelas kenapa UKT harus naik. Keresahan ini tidak hanya tentang nominal saja. Namun, kebijakan yang cenderung lucut dari tujuan awal kebijakan UKT tersebut dibuat.

Selain masalah UKT, nampaknya kampus berusaha mencari pemasukan dari aspek lainnya. Dalam hal ini yaitu sumbangan wajib yang dilimpahkan kepada mahasiswa baru jalur mandiri. Hal ini dimulai pada pertengahan tahun 2018, tepatnya Bulan Mei. Universitas Udayana secara resmi melegalkan keberadaan uang pangkal atau disebut dengan Sumbangan Pengembangan Institusi (SPI).

Bila melihat bagaimana kampus mengupayakan untuk mendapatkan pemasukan dari berbagai aspek, khususnya melimpahakan mahasiswa. Target apa yang ingin diraih kampus dalam hal ini? Apakah peningkatan fasilitas?

Namun apa yang terjadi saat ini. Fasilitas seakan hanya menjadi topik-topik yang kerap dibicarakan namun hanya menguap dan tidak ada realisasinya. Kampus seakan lepas dari tanggungjawabnya. Kebijakan yang memberatkan mahasiswa dan tidak memberikan dampak baik bagi proses pembelajaran mahasiswa. Bila masih tetap diam. Kesewenang-wenangan ini akan semakin membabi buta dan mahasiswa yang akan selalu menjadi korbannya.

Maka dari itu, untuk perjuangan atas dasar keadilan dan idealisme sebagai seorang mahasiswa. Kemudian demi terciptanya lembaga pendidikan tinggi yang berdasarkan kebenaran ilmiah, penalaran, kejujuran, keadilan, manfaat, kebajikan, tanggung jawab, kebhinekaan, dan keterjangkauan. Hal ini tercantum dalam Undang-Undang Republik Indonesia No. 12 Tahun 2012 tentang Pendidikan Tinggi pasal 3. Maka dari itu, seluruh organisasi mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Udayana, menyatakan sikap :
1. Menolak kenaikan UKT pada mahasiswa FISIP Unud.
2. Atas kelalaian pihak kampus dalam penerapannya nominal UKT, kami menuntut pengembalian nominal UKT mahasiswa FISIP angkatan 2016 jalur SNMPTN, SBMPTN, dan Mandiri seperti yang sudah ditetapkan pada kontrak awal.