Masih Ingin Membunuh Warga Kabupaten Merangin Karena Kecelakaan Lalu Lintas?

0 telah menandatangani. Mari kita ke 100.


Pemerintah Kabupaten Merangin telah membuat kebijakan untuk mengubah jalan lintas barat Sumatera sepanjang kurang lebih 4,2 km menjadi tiga jalur untuk menanggulangi persoalan transportasi dalam Kota Bangko (ibukota Kabupaten Merangin). Pembangunannya telah berlalu sekitar 3 atau 4 periode bupati.

Ruas jalan tersebut selalu ramai di siang maupun petang dan di saat malam sepi akan aktivitas transportasi. Jalan tersebut juga sangat berisiko terhadap kecelakaan lalu lintas (lakalantas). Saking banyaknya kejadian lakalantas, sangat biasa mendengar dan membaca beritanya di media atau obrolan santai warga. Berikut ini hanya ringkasan dari beberapa kejadian yang terwartakan:

3 Maret 2018 

Sekitar pukul 06.00 WIB, di penggalan median jalan depan Swalayan Melati, seorang ibu rumah tangga tabrakan maut dengan sesama pengendara motor. Karena luka terlalu parah akhirnya korban meninggal dunia di lokasi kejadian. jambi.tribunnews.com

17 Februari 2018

Menurut Polisi setempat, kecelakaan maut terjadi Sabtu (17/2) sekira pukul 05.15 WIB. Mobil dari arah Sarolangun menuju Bangko bertabrakan dengan mobil dari arah berlawanan. Korban meninggal tiga orang dan lainnya mengalami luka berat. https://www.jawapos.com

16 Desember 2017

Kecelakaan maut menewaskan dua pegawai Damkar Kabupaten Merangin di Jalan Lintas Sumatera, Kilometer 4, Desa Sungai Ulak, Kecamatan Nalo Tantan, Kamis malam. Kedua korban tewas akibat ditabrak truk saat mengendarai sepeda motor. https://daerah.sindonews.com

Selasa, 02 Mei 2017

Dua peristiwa kecelakaan lalu lintas yang menelan korban jiwa terjadi di Kabupaten Merangin, Selasa (2/5). Pertama terjadi di Jalan Lintas Sumatera Km. 10, tepatnya di Desa Langling, dan kejadian kedua di depan kantor BNI Bangko. http://metrojambi.com

03 Juli 2015

Kecelakaan maut menewaskan seorang pelajar Sekolah Menengah Pertama. Korban lainnya, mengalami luka cukup parah. Tempurung lutunya pecah dan dirawat di RSU Kol Abunjani Bangko. Kejadian ini terjadi sekitar pukul 10.00 WIB. TKP di jalur tiga, Jalan Lintas Sumatera tepatnya di depan Bank Pundi. http://www.jambiupdate.co

Potongan berita di atas, sekali lagi, hanyalah beberapa dari kejadian lakalantas dan masih banyak lagi ditemukan melalui berita daring (online).

Bila ditinjau lagi kondisi di jalur tersebut, rambu lalu lintas diletakkan di tempat kurang strategis dan hanya ada di beberapa tempat saja. Jalur sisi kanan dan kiri jalan lintas Sumatera menciptakan peluang untuk melawan arus dan jalannya bergelombang (pendakian dan turunan), sehingga memungkinkan untuk tabrakan karena terbatasnya pandangan.

Dengan tingginya tingkat risiko kecelakan di jalur tersebut, sampai saat ini belum tampak upaya konkret pemerintah untuk membuat jalan tersebut menjadi lebih aman.

Padahal, pada tahun 2015 lalu diwartakan http://www.jambiupdate.co (19/11/2015), Dinas PU dan Bappeda Merangin telah diundang ke Kementrian Perhubungan dan Kementerian PU & Pera untuk menyelesaikan persoalan ini.

 

Oleh sebab itu, diharapkan dengan adanya petisi ini, Pemerintah Kabupaten Merangin untuk segera bertindak dan tidak menunda-nunda lagi. Penegakan hukum untuk tertib lalu lintas juga ditingkatkan oleh Polres Merangin. Begitu juga partisipasi Warga Merangin yang beraktivitas di sekitar Jalan Tiga Jalur, agar angka kecelakaan menurun.

Median Jalan Tiga Jalur harus dilakukan perbaikian, terutama rambu-rambu dan memperluas jalur untuk pindah ke jalur lainnya. Bahkan, Kementrian PU & Pera menilai jalan tiga jalur sebaiknya dijadikan Jalur Dua karena jalan kiri dan kanan membuka peluang untuk melawan arus. http://www.jambiupdate.co

Selain itu, diharapkan kepada Pemerintah Kabupaten Merangin memperbaharui, meningkatkan, dan membangun infrastruktur bagi pejalan kaki seperti trotoar, demi menjaga keamanan dan keselamatan pejalan kaki.

Mengingat, salah satu jalur dari tiga jalur tersebut (Jl. Lintas Sumatera) adalah jalan nasional, maka Pemerintah Pusat (Kemhub, Kem PU & Pera) seharusnya juga turut andil dalam penanganan kasus kecelakaan lalu lintas di ruas jalan ini.

Tentunya kita semua tidak ingin ada korban lagi akibat keganasan Jalan Tiga Jalur. Dukungan anda sangat berarti untuk menyelamatkan banyak nyawa kedepannya. Untuk itu, mari sadar, buka hati, buka mata, buka pikiran, mari peduli akan kehidupan bersama.

Jangan tunggu Anda menjadi korban berikutnya!



Hari ini: Ridcho mengandalkanmu

Ridcho Andrian membutuhkan bantuanmu untuk mengajukan petisi "Bupati Merangin : Bantu! Kabupaten Merangin Darurat Kecelakaan Lalu Lintas". Bergabunglah dengan Ridcho dan 68 pendukung lainnya hari ini.