Hentikan Pendirian Pabrik Perusak Sumber Air Warga

0 telah menandatangani. Mari kita ke 500.


Pada akhir tahun 2015, sebuah pabrik bernama PT. Pratama Abadi direncanakan akan berdiri di desa kami, Desa Cijolang, Kecamatan Limbangan, Kabupaten Garut, Jawa Barat. Pabrik yang memproduksi sepatu ini berdiri di atas sumber mata air dan dekat Sungai Cisaat sebagai sungai irigasi pertanian warga.

Oleh karena sumber mata air, maka dampak yang akan dirasakan warga Desa Cijolang pastilah berbahaya. Pasalnya, sumber mata air tersebut berfungsi sebagai pemenuhan kebutuhan dasar warga, seperti makan, minum, mandi, dan juga beribadah. Bayangkan, jika wilayah sumber mata air diduduki oleh beton pabrik sepatu, sumber mata air tentu akan habis dan itu sama saja dengan menghilangkan kehidupan warga.

Belum cukup sampai di situ. Warga yang sebagian besar bekerja sebagai petani gurem dan buruh tani di Desa Cijolang akan merasakan dampak negatif limbah pabrik yang mengalir ke Sungai Cisaat sebagai sumber irigasi pertanian mereka. Hal ini, tentu saja, akan mengakibatkan hilangnya sumber pemenuhan subsistensi petani dan, bahkan, akan membawa petani kepada imbas yang paling mengerikan, yakni terpisahnya mereka dari tanah sebagai sumber penghasilan utama.

Oleh sebab itu, pendirian pabrik sepatu PT Pratama Abadi di Desa Cijolang dengan alasan apapun tidak dapat dibenarkan. Suatu proyek pendirian pabrik, meski bertujuan membuka lapangan pekerjaan, tidak dapat dilakukan di atas penyingkiran sumber pemenuhan kebutuhan dasar dan mata pencaharian utama warga Desa Cijolang. Karena hal itu merupakan kontradiksi pembangunan yang oleh karenanya harus cepat-cepat dihentikan.

Meski begitu, kami tidak sekadar berhenti pada "penolakan" saja. Di samping menolak, kami juga mengusulkan solusi untuk masalah ini, yakni dipindahkannya pendirian pabrik dari lokasi tersebut ke wilayah yang tidak menganggu sumber mata air dan irigasi pertanian warga.

Terakhir, untuk itu, kami warga Desa Cijolang meminta kepada Bupati maupun Pelaksana Tugas (Plt) Bupati Garut, Rudy Gunawan dan Koesmayadi Tatang Padmadinata agar segera menghentikan pendirian pabrik PT Pratama Abadi.



Hari ini: Gerakan Masyarakat Peduli Desa (GMPeDe) mengandalkanmu

Gerakan Masyarakat Peduli Desa (GMPeDe) membutuhkan bantuanmu untuk mengajukan petisi "Bupati Kabupaten Garut: Hentikan pendirian pabrik perusak sumber air warga". Bergabunglah dengan Gerakan Masyarakat Peduli Desa (GMPeDe) dan 284 pendukung lainnya hari ini.