Segera Bangun CekDam di Aliran Sungai Cileungsi, Jangan Cuma Wacana Saja

0 telah menandatangani. Mari kita ke 200.


Sudah sering warga di sepanjang bantaran kali cileungsi dan cikeas yang menyatu menjadi sungai bekasi yang dibendung oleh Bendung Bekasi yang berpungsi mengatur debit air sungai bekasi agar dapat men-suplai air baku bagi PDAM kota bekasi dan Kab Bekasi, merasakan banjir yang terjadi akibat kiriman air dari hulunya.

Banjir terjadi saat debit air kiriman dari hulu sungai cileungsi dan cikeas yang tinggi dan diperparah dengan keterlambatan dan atau pembukaan pintu air Bendung Bekasi. Hal ini dirasakan sejak tahun 1995 sampai sekarang... (sudah lebih dari 20 tahun...)

Sudah sering warga dengar adanya pemberitaan bahwa pemerintah akan membuat waduk atau Embung dibeberapa tempat agar pengendalian banjir bisa diatasi, tapi hal ini hanya tinggal janji saja.!! tidak ada realisasinya.., betul sudah  upaya dari kementrian PUPR melalui Balai Besar Waduk Suangai Ciliwung Cisadane dengan membuat proyek penanggulangan akibat banjir yaitu pembangunan tanggul dan bronjong di beberapa tempat..., tapi ini hanya bersifat sementara yang mengerjakan hilirnya saja dan tidak menyelesaikan masalah secara menyeluruh, karena masih saja terjadi banjir jika kiriman air dengan debit yang tinggi...

Kami bersyukur sekarang ini ada Komunitas Peduli Sungai Cileungsi dan Cikeas (KP2C) yang secara sukarela telah dan dapat memberikan informasi awal dan berkoordinasi dengan aparat terkait  jika terjadi kiriman air dari hulu sungai sehingga kami warga dibantaran sungai dapat mempersiapkan diri jika terjadi kiriman air yang tinggi, tapi ini tidaklah dapat menghentikan banjir jika kiriman airnya terlewat tinggi..!!

Untuk itu kami warga bantaran sungai cileungsi dan cikeas memohon untuk segera dilakukan pencegahan dan pengedalian air sungai terutama sungai cileungsi yang paling besar memberikan kontribusi kiriman air.

Berdasakan pengalaman yang warga alami (lebih dari 20) selama tinggal dibantaran sungai, untuk itu kami mengusulkan  sebagai berikut :

  1. Karena Rencana Pembuatan Waduk Pengendali hanya tinggal wacana (mungkin dana yang cukup besar), untuk itu dengan dana yang lebih kecil (perkiraan) maka kami mengusulkan untuk dibuatkan saja "CEK DAM" saja atau bendung2 air kecil di sepanjang sungai cileungsi untuk menahan sementara dari debit air yang tinggi. karena kami melihat di beberapa tempat sempanjang aliran sungai celeungsi ini terdapat tebing2 cadas yang cukup tinggi dan curam yang sangat cocok untuk dibuatkan "CEK DAM" atau penampung air sementara
  2. Jika memang rancana pembuatan WADUK PENGENDALI sudah di anggarkan, Memohon hal ini segera di umumkan akan kami warga pinggir kali yang terkena dampak banjir bisa tenang dan percaya dengan program pemerintah

 Demikian petisi ini kami buat agar rencana penanggulangan banjir ini dapat terealisasi dengan segera..!!!

 

 

 



Hari ini: Gustavianus mengandalkanmu

Gustavianus Sutan Adil membutuhkan bantuanmu untuk mengajukan petisi "Bupati Kab. Bogor: Segera Bangun CekDam di Sungai Cileungsi, Bukan Cuma Wacana". Bergabunglah dengan Gustavianus dan 131 pendukung lainnya hari ini.