Petisi ditutup

STOP PEMBANGUNAN PROYEK RENOVASI ALON2 GRESIK. WUJUDKAN KONSEP MEMBANGUN DESA MENATA KOTA,

Petisi ini mencapai 434 pendukung


STOP PEMBANGUNAN PROYEK RENOVASI ALON2 GRESIK. WUJUDKAN KONSEP MEMBANGUN DESA MENATA KOTA.

Assalamualaikum Wr. Wb.

 

Kepada bapak Dr. Ir. H. Sambari Halim Radianto, ST, M.Si (Bupati Kabupaten Gresik 2010-2015, 2015-2020),

Bapak Dr. H. MOH. QOSIM, M.Si (Wakil Bupati Kabupaten Gresik ),

Bapak Ir.H. Abdul Hamid ( Ketua DPRD Kabupaten Gresik )

Kepala Dinas PU dan Tata Ruang Kabupaten Gresik.

 

Visi Pemerintahan Kabupaten Gresik adalah “Terwujudnya Gresik yang Agamis, Adil, Sejahtera, dan Berkehidupan yang Berkualitas” merupakan satu cita-cita yang harus menjadi pegangan dalam setiap langkah untuk mewujudkan hal tersebut dalam setiap kebijakan dan sebagainya. Hal tersebut sangat realistis terwujud  jika kita berkaca pada APBD hampir mendekati 3 trilliun yang digunakan untuk operasional Pemerintah Kabupaten gresik dengan luas wilayah 1.191,25 km2 yang terbagi dalam 18 Kecamatan dan terdiri dari 330 Desa dan 26 Kelurahan.Secara geografis wilayah Kabupaten Gresik terletak antara 112° sampai 113° Bujur Timur dan 7° sampai 8° Lintang Selatan (Data pemkab. Gresik). Masyarakat Luar dan dan warga Kabupaten Gresik terkenal dengan Kabupaten Santri, ini jelas karena terdapat beberapa situs sejarah diantaranya makam maulana malik Ibrahim, makam sunan giri, makam bupati pertama gresik, makam Fatimah binti maiun, makam Al-Habib Al-Qutub Abubakar Bin Muhammad Assegaf, makam raden santri dll yang sangat kita hormati bahkan tidak pernah sepi dari  peziarah baik masyarakat gresik maupun luar gresik. Puluhan bahkan ratusan Pondok Pesantren di wilayah gresik menguatkan motto Gresik sebagai kota santri. Hal tersebut tentunya sejalan dengan salah satu visi pemerintahan kabupaten gresik yaitu terwujudnya gresik yang agamis.

Visi Terwujudnya Gresik yang adil,sejahterah dan berkehidupan yang berkualitas tentunya perlu kita pertanyakan bersama ? hal tersebut bisa kita lihat masih banyaknya tingkat pengangguran di wiliyah gresik, PHK pekerja yang tiap tahun terjadi dan mayoritas masyarakkat gresik, angka kemiskinan yang relatif tinggi (171 ribu, baca angka kemiskinan kab. Gresik) dan masih banyak lagi. Belum lagi beberapa kebijakan pemerintah kabupaten gresik yang dinilai tidak pro terhadap rakyat ditambah dengan pembangunan-pembangunan diwilayah kabupaten gresik yang meresahkan masyarakat dan kurang begitu dibutuhkan atau berdampak bagi masyarakat guna mewujudkan visi kabupaten gresik diatas salah satunya termasuk Renovasi Kawasan Alun-Alun Gresik.

Kebijakan tentang renovasi Kawasan Alun-Alun Kabupaten gresik menuai protes masyarakat gresik akhir-akhir ini, beberapa protes tersebut tentu tidak hanya sebuah protes protes tanpa pijakan, mulai dari kekhawatiran proyek tersebut akan mangkrak seperti pembangunan stadion gresik dll, adanya beberapa situs sejarah yang sangat dihormati bagi masyarakat gresik, pembangunan yang dinilai tidak urgensi dan tidak begitu berdampak bagi keadilan dan kesejahteraan masyarakat gresik. Gagasan Pemerintah kabupaten gresik tentang “mensulap alun-alun gresik sebagai Islamic center” perlu kita dalami dan kita protes jika tidak sesuai dengan visi pemerintah maupun perundang-undangan karena itu bentuk masyarakat yang baik dengan terlibat aktif dalam memperbaiki wilayahnya.

 

Mengapa Islamic center dibangun di alun-alun kota gresik ? mengapa tidak dibangun di masjid agung gresik ? bukankah jargon Bupati dan wakil bupati adalah membangun Desa menata Kota ?

  • Alun-Alun merupakan cagar budaya, peninggalan para wali songo dan merupakan identitas sebagai kota santri karena merupakan desain wali songo jaman dahulu.
  • Protes yang terjadi terkait proyek tersebut tentunya perlu jadi pertimbangan karena banyak situs sejarah, tokoh masyarakat dan wali allah yang sangat dihormati oleh masyarakat gresik, masyarakat gresik tidak pernah menolak pembangunan jika pijakan pembangunan adalah kemanusiaan, memperhatikan situ bersejarah, urgensi pembangunan dan pembangunan untuk mewujudkan kesejahteraan dan keadilan. Tentu tidak tetap jika renovasi alun alun sebagai Islamic center karena hal hal tersebut, mengingat biaya tersebut adlah 19, 2 M (data lpse pemkab gresik). sedangkan Masih banyak wilayah kabupaten gresik yang perlu untuk diperbaiki. Tingkat kemiskinan masih tinggi dan banyaknya pengangguran di kota gresik serta beberapa kali mengalami devisit.
  • Kurang Rasionalnya antara pagu (Rp. 19.200.000.000,00) dan HPS ( Rp. 19.199.984.100,00) dalam Pendaanaan Proyek Renovasi kawasan Alun-Alun Gresik ( data lpse gresik)
  • Track Record pemenang tender. Pemenang tender proyek tersebut adalah PT. Cipta Prima Selaras yang berlokasi di Kota Malang (website lpse.gresikkab.go.id). Perusahaan tersbut tentunya tidak asing lagi bagi penulis atau yang lain, mengingat beberapa proyek yang ditangani pernah bermasalah seperti pembangunan gedung arsip dan perpustakaan pemkot pasuruan senilai 4M yang tidak terselesaikan pada akhir bulan tahun lalu (sumber : okezone news) sehingga masuk dalam daftar black list pemkot pasuruan.

 

Gresik Kota Santri, Membangun Desa Menata Kota, Wujudkan Visi Pemkab Gresik ! ! !

 Maka dari itu kami Rakyat Gresikdengan ini meminta kepada Bupati Gresik, Wakil Bupati Gresik, Ketua DPRD Gresik dan Dinas PU & Tata Ruang untuk :

  1. Menghentikan pembangunan “Renovasi kawasan Alun-Alun Gresik”.
  2. Menghimbau agar Pemkab Gresik mengevaluasi ulang pembangunan-pembangunan yang akan berjalan di wilayah kabupaten gresik agar sesuai dengan Jargon membangun desa menata kota.
  3. Meminta agar Pemkab Gresik beserta DPRD Kabupaten Gresik untuk fokus dan konsisten dalam mewujudkan Visi Pemkab gresik.
  4. Meinta agar Pemkab Gresik dan DPRD kota gresik segera menyelesaikan beberapa permasalahan normatif masyarakat gresik serta mencari solusi guna mengurangi pengangguran dan PHK yang sering terjadi.

 

Petisi ini akan dikirim kepada:
Bupati Gresik
Wakil Bupati Gresik
Ketua DPRD Kabupaten Gresik

Kepala Dinas PU dan Tata Ruang Kabupaten Gresik

Jika Hatimu bergetar marah melihat ketidakadilan dan penindasan, maka kau adalah kawanku - Che Guevara-

 

Penulis : Charis Subarcha  merupakan masyarakat Gresik dan Pengurus Pemuda Demokrat Kab. Gresik

kami mengajak seluruh elemen masyarakat gresik untuk terlibat aktif dengan Tanda tangani petisi ini dengan mengisi nama, email dan domisili anda kemudian tekan tombol "tandatangani petisi" di sebelah kanan atas halaman ini. 



Hari ini: charis mengandalkanmu

charis subarcha membutuhkan bantuanmu untuk mengajukan petisi "Bupati gresik: STOP PEMBANGUNAN PROYEK RENOVASI ALON2 GRESIK. WUJUDKAN KONSEP MEMBANGUN DESA MENATA KOTA,". Bergabunglah dengan charis dan 433 pendukung lainnya hari ini.