Tolak Taman Makam Pahlawan Sukanagara Dijadikan Tempat Pengolahan Sampah !!!

0 telah menandatangani. Mari kita ke 100.


Sampah memang merupakan persoalan yang sangat utama ditiap wilayah yang berpenduduk padat, karena itu pemerintah daerah selalu dibuat pusing dengan masalah yang satu ini.

Saat ini di Kecamatan Sukanagara Kabupaten Cianjur yang penduduknya tergolong padat, kemungkinan karena kesulitan mencari lokasi strategis untuk tempat Pembuangan Sampah, maka Camat setempat mengijinkan petugas kebersihannya untuk menjadikan Pemakaman Taman Makam Pahlawan (TMP) untuk dijadikan Tempat Pemuangan Sampah Sementara (TPSS).

Aksi tidak terpuji ini dilakukan petugas kebersihan Kecamatan setempat sejak 4 bulan yang lalu atas suruhan Camat Sukanagara. Ulah Camat Sukanagara yang mengijinkan TMP tersebut dijadikan tempat pembuangan sampah, menunjukkan ketidak mampuan pemerintah setempat, khususnya dinas kebersihan dalam menanggulangi masalah sampah yang setiap hari mencapai ratusan ton kubik di wilayah Kecamatan Sukanagara ini.

Sesuai intruksi petugas kebersihan kecamatan, setiap hari sampah harus ditaruh di depan rumah masing-masing, setelah itu diangkut oleh petugas menggunakan becak motor lantas dibuang ke Tempat Pembuangan Sampah Sementara (TPSS) yang berlokasi di Taman Makam Pahlawan Sukanagara.

Saat ini, terlihat kondisi Taman Makam Pahlawan tersebut sangat memprihatinkan, sebab selain kelihatan kumuh, seriap hari tumpukan sampah ini menebarkan bau tak sedap, karena sampah terus datang dari ratusan perumahan, pertokoan, serta pasar adalah salah satu penyumbang sampah terbesar.

Yang sangat disayangkan, meski aksi pembuangan sampah di lokasi Taman Makam Pahlawan ini ditentang masyarakat, Polsek dan Koramil setempat karena mencoreng harkat dan martabat para pahlawan, namun tidak digubris oleh Camat.

“Taman Makam Pahlawan kan tempat peristirahatan terakhir para pejuang kusuma bangsa yang telah mengorbankan jiwa dan raganya untuk Negara ini. Untuk menghormati jasa para pahlawan, sudah sepantasnya Taman Makam Pahlawan ini kita jaga, tapi sayangnya yang terjadi di areal Taman Makam Pahlawan Sukanagara ini justru dijadikan tenpat pembuangan sampah atas seijin Camat".

Kami sangat mengharapkan agar pemerintahan daerah, khususnya dinas kebersihan dan pemerintahan kecamatan secepatnya mencarikan solusi untuk pembuangan sampah ditempat lain, hal itu dimaksudkan agar Taman Makam Pahlawan bebas dari sampah dan terjaga kebersihannya.

Marilah kita hormati jasa para pahlawan yang ada di TMP ini, sebab Negara yang maju adalah Negara yang tidak melupakan perjuagan para pahlawan.



Hari ini: Forum Sukanagara Bersatu mengandalkanmu

Forum Sukanagara Bersatu Sukanagara membutuhkan bantuanmu untuk mengajukan petisi "Bupati Cianjur: Tolak Taman Makam Pahlawan Sukanagara Dijadikan Tempat Pengolahan Sampah !!!". Bergabunglah dengan Forum Sukanagara Bersatu dan 26 pendukung lainnya hari ini.