Revitalisasi Sungai Cisarua Yang Penuh Dengan Sampah

0 telah menandatangani. Mari kita ke 100.


Setelah sudah berulang kali menggalakan program Gerebeg Runtah atau Bebersih sampah di Sungai Cisarua, Kecamatan Cisarua Kabupaten Bogor, bersama-sama warga dan Komunitas Pegiat Peduli Lingkungan (Pepeling).

Akhirnya semakin kuat alasan kenapa sampai Keinginan ini muncul, keinginan agar Sungai yang merupakan Hulu dari derasnya aliran air hingga ke Ruang Wilayah Jakarta sana, segera dilakukan revitalisasi oleh siapapun yang berwenang terkait penanganan kondisi Sungai yang satu ini.

Kondisi sungai yang sudah sangat tercemar dan tidak cukup hanya dengan membersihkannya, sudah jelas harus mendapatkan penanganan yang serius dari semua pihak.

Semua orang yang ingat akan kenangan mandi di sungai ini dengan tawa canda, mungkin kini hanya ratapan nostalgia semata, berjejernya Hotel, Vila, gedung-gedung dan kawasan eksklusif yang damai terlindung pagar benteng beton, menghalangi pandangan simpati akan dampak yang timbul dari air sungai dan sampah yang bercampur menjadi kekhawatiran untuk sebagian orang yang peduli.

Sungai ini akan kembali menjadi gemericik segar berdampak positif andai :

  1. Warga Sekitar dan mereka yang kemari tidak menjadikan Sungai ini sebagai tempat sampah;
  2. Pengelolaan Sampah di Beberapa Titik Penting, seperti Pasar Cisarua dapat betul-betul terbenahi;
  3. Berfungsinya Dinas Terkait dalam penanganan sampah warga secara baik dan melibatkan hati nurani;
  4. Perhatian Pemerintah Mulai Dari Tingkat Daerah hingga Pusat terhadap Kondisi Sungai yang bisa dibilang penyumbang Air (dan saat ini juga sampah) terbanyak disepanjang Jabotabek.

Tentu dengan semangat Kepedulian ini semua, ayo berikan dukungan suara anda melalui petisi ini agar rintihan suara hati ini didengar dan berbuah terwujudnya 4 harapan diatas.