Jauhkan anak-anak di Lakardowo dari Limbah Beracun

Jauhkan anak-anak di Lakardowo dari Limbah Beracun

0 telah menandatangani. Mari kita ke 50.000.


Anak-anak menangis kesakitan. Orangtua terbaring lemas di dipan. Kulit mereka dipenuhi luka melepuh, gatal tak tertahan. Di wajah, punggung, bahkan kelamin. Ini bukan kutukan.

Beberapa waktu lalu saya menengok April, bocah 10 tahun yang jadi korban pencemaran limbah. Saya nggak tega banget waktu lihat luka melepuh di sekujur tubuhnya. April nggak berhenti nangis sambil menggaruk bagian tubuhnya yang gatal.

Orangtuanya hanya bisa memberi obat gatal yang terus diminumkan ke April untuk kurangi gatalnya. April bukan satu-satunya korban. Lebih dari separuh warga di Lakardowo Mojokerto harus menderita luka dan gatal-gatal. Mayoritas bayi dan anak-anak.

Penyebab semua ini adalah penimbunan limbah batubara oleh PT PRIA yang mencemari air dan tanah di Lakardowo sejak 3 tahun lalu. Bahkan PT PRIA menjual batako dan pasir dari limbah batubara ke warga Lakardowo. Warga nggak tahu kalau bahan bangunan itu sebetulnya sangat beracun.

Warga Lakardowo yang punya uang lebih terpaksa membeli air galon dari kota lain untuk minum dan mandiin bayi karena air mereka sudah tercemar. Kalau uang mereka habis, terpaksa mereka pakai air sumur yang tercemar itu untuk mandi.

Warga Lakardowo nggak tinggal diam. Sutamah, seorang ibu, petani dan Ketua Gerakan Wanita Lakardowo pimpin perjuangan Lakardowo. Ia mendesak KLHK untuk merelokasi limbah batubara PT. PRIA.

Melihat semangat warga Lakardowo yang terus melawan perusahaan pencemar lingkungan, saya tergerak mulai petisi ini agar KLHK memindahkan limbah dari Lakardowo. Selama ini suara warga Lakardowo mungkin kurang didengar karena jumlah mereka sedikit.

Kalau kita bisa mengumpulkan dukungan 100 ribu orang lewat petisi ini, saya yakin Bu Menteri KLHK Siti Nurbaya pasti mau dengerin. Saya mohon dukungannya agar April dan anak-anak Lakardowo lainnya bisa bebas dari penyakit kulit akibat limbah. 

Bantu tandatangani dan sebarkan petisi ini ke teman-teman dan keluargamu ya.

PS: Saya buat film ini untuk membantu perjuangan warga Lakardowo.

Kamu bisa tonton di sini https://www.youtube.com/watch?v=WcNrkwjb4fU&t=2265s 



Hari ini: Shofi Munawwir mengandalkanmu

Shofi Munawwir Effendi membutuhkan bantuanmu untuk mengajukan petisi "Bu @SitiNurbayaLHK, Lakardowo dikepung #limbahB3, desak @KementerianLHK relokasi limbah PT. PRIA dan 51 Titik Rumah. #SaveLakardowo". Bergabunglah dengan Shofi Munawwir dan 45.600 pendukung lainnya hari ini.