STOP Memperkosa Lingkungan Hidup. Tolak Penghapusan AMDAL!

0 telah menandatangani. Mari kita ke 200.


Disatukannya perijinan investasi di bawah koordinasi Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) ternyata membawa malapetaka bagi keberlanjutan lingkungan hidup.

Bagaimana tidak, pada 3 Juli 3015, BKPM mengusulkan penyederhanaan perizinan Izin Mendirikan Bangunan (IMB) yang diatur dalam Peraturan Menteri Pekerjaan Umum Nomor 24/PRT/M/2007, dengan penghapusan persyaratan Analisis Dampak Lingkungan (Amdal) atau Upaya Pengelolaan Lingkungan (UKL) dan Upaya Pemantauan Lingkungan (UPL). Berita selengkapnya bisa dibaca di sini

Amdal adalah salah satu prasyarat pembangunan yang berpotensi berdampak buruk terhadap keberlanjutan lingkungan hidup. Kini ketika perijian disatukan di bawah koordinasi BKPM, Amdal pun diusulkan untuk dihapuskan. Alasannya jelas, bahwa Amda adalah instrumen lingkungan yang menghambat investasi.

Kepala BKPM sepertinya lupa atau tidak peduli bahwa diabaikannya Amdal menjadi pemicu kerusakan lingkungan hidup. Kita sebagai warga negara berhak untuk melawan usul dari BKPM ini. Amdal seharusnya diperkuat bukan dihapuskan. BKPM harus mencabut usulan penghapusan Amdal dalam ijin pembangunan.