Penggugatan iuran paksa (pungutan) Temu Civitas Akademik (TCA) ke 17 tahun 2019

0 have signed. Let’s get to 1,000!


Pemungutan liar ini terjadi dikarenakan para petinggi kampus (rektorat dan lembaga) mempersulit pencairan dana TCA, bahkan sampai H-1 bulan kegiatan dana belum sampai ke panitia ataupun kontingen, sehingga terjadi kekurangan dana. Untuk mensiasatinya pihak lembaga mengeluarkan SK yang mewajibkan mahasiswa untuk membayar iuran secara paksa (pemungutan). Ini merupakan keputusan yang salah, dalam  PP no.56 tahun 2013  tentang bentuk pendanaan PTN BH pasal 3 ayat 2, pasal 6 ayat 1 dan pasal 9 ayat 1. Tercantum dalam PP tersebut bahwa PTN BH tidak berhak memungut iuran selain dari kepentingan pendidikan dan harus menimbang kemampuan ekonomi mahasiswa, orang tua/wali. Sejalan dengan hal ini Peraturan Presiden no.87 tahun 2016 menjelaskan bahwa hal ini termasuk ke dalam "PUNGLI" Pungutan liar.

Beberapa solusi yang ditawarkan:

1. TCA dibubarkan 

2. Merubah konsep: menjadi ajang silaturahmi atau kegiatan lain yang disesuaikan dengan dana dari lembaga (catatan: dana harus pasti)

Silahkan tandatangani petisi ini jika anda tidak setuju dan menolak adanya pemungutan kepada mahasiswa dalam kegiatan TCA