Kembali Menuntut Keadilan di Wates

0 telah menandatangani. Mari kita ke 500.


Problematika D IV FT UNY 2019

Sebagian mahasiswa baru di Fakultas Teknik Universitas Negeri Yogyakarta masih harus berjibaku melaksanakan kebijakan birokrasi yang belum bijak sehingga harus merasakan kuliah di kampus pusat dan wates hanya untuk membagi antara teori dan praktek yang sebenarnya bisa dilaksanakan di kampus pusat saja.

Tercatat beberapa kerugian Mahasiswa baru D IV FT UNY antara lain :
1. WAKTU, di butuhkan waktu sekitar 1 jam (jarak Kampus Wates dengan Kampus Pusat 30 KM) bagi mahasiswa untuk melaksanakan perkuliahan Teori di Kampus Pusat dalam sekali berangkat hanya untuk perjalanan (*Mahasiswa Wates menempati asrama yang disediakan dan berbayar).


2. TENAGA, belum juga sampai dikelas, mahasiswa sudah menghabiskan tenaganya untuk perjalanan terlebih bagi yang menggunakan kendaraan pribadi karena fasilitas transportasi yang disediakan kurang memadai dan bagi yang naik shuttle masih harus berjalan dari depan rektorat ke Fakultas Teknik.


3. BIAYA, banyak mahasiswa yang harus menyewa dua tempat untuk tempat tinggal karena dampak kebutuhan akademik/non kademik yang tidak terfasilitasi oleh transportasi yang terbatas waktu dan kuantitasnya serta juga berdampak pada biaya transportasi kendaraan pribadi.


4. KESELAMATAN, terbatasnya fasilitas transportasi dan jauhnya jarak antara Kampus Wastes dan Kampus Pusat menyebabkan sebagian mahasiswa harus berkendara untuk mengejar jam perkuliahan di Kampus Pusat maupun di Kampus Wates yang memiliki resiko cukup tinggi mengingat jalan yang dilalui adalah jalan lintas Provinsi.


5. KEBEBASAN BERORGANISASI, pemisahan perkuliahan berdampak pula pada kebebasan mahasiswa untuk mengakses organisasi yang kebanyakan dilakukan setelah selesai jam kuliah, dan mayoritas kegiatan organisasi ada di Kampus Pusat. Hal ini diperparah dengan transportasi yang disediakan tidak dapat memenuhi kebutuhan mahasiswa Wates untuk ikut organisasi.

Mengingat atas Penolakan Sepihak Aspirasi Mahasiswa oleh Bapak Rektor Tanpa Mendengarkan Alasan dan Penjelasan Mahasiswa bulan lalu dalam Audiensi Terbuka bersama rektor kampus wilayah Wates tentang solusi efektivitas pelaksanaan perkuliahan yang dialami oleh mahasiswa baru di delapan jurusan D IV FT UNY. Maka dengan ini mengajak mahasiswa baru FT UNY 2019 dan seluruh mahasiswa UNY untuk ikut MENOLAK kebijakan melaksanakan kuliah teori di kampus wilayah Wates bagi mahasiswa D IV FT UNY atas pertimbangan efektivitas dan dampak yang terjadi.

Isi petisi ini sebagai bentuk kepedulian dan solidaritas atas kebijakan yang belum berpihak pada mahasiswa.