Beri Pengakuan Masyarakat Hukum Adat serta Hutan Adat kepada suku Knasaimos

0 telah menandatangani. Mari kita ke 200.


Kepada Bapak Bupati Sorong Selatan, Samsudin Anggiluli,

Nama sa Arkilaus Kladit, dari suku Knasaimos. Suku kami sedang bersedih. Beberapa waktu lalu, kami mendengar sekitar 5000 hektar hutan di Kabupaten Merauke telah ditebangi demi perkebunan kelapa sawit. Hutan-hutan asli Papua semakin terancam, Pak. Walau katanya atas alasan ekonomi pembangunan.

Tapi Pak, seperti masyarakat Papua lainnya, hutan adalah sahabat kami, hidup kami. Kami memiliki hubungan yang erat dengannya. Secara turun-temurun kami diajarkan bagaimana menjaga hubungan yang baik dengan sahabat kami yang bernama hutan ini. Jika mereka terus ditebangi, itu sama saja menebangi kehidupan kami.

Walaupun begitu, sa dan masyarakat suku Knasaimos yakin Pak Bupati Samsudin akan membantu kami dan sahabat kami. Kami juga yakin selalu ada cara untuk melindungi hutan Papua, hutan Indonesia. Salah satunya dengan memperjuangkan Status Hutan Adat melalui Skema Perhutanan Sosial.

Pak Bupati Samsudin,

Sejak tahun 2006, suku kami, suku Knasaimos, selalu berjuang mendapatkan pengakuan Status Hutan Adat. Jika kami mendapatkannya, setidaknya suku kami bisa mengamankan 81,446 hektar hutan agar tidak terganggu oleh izin-izin penebangan, seperti izin untuk perkebunan kelapa sawit.

Jadi kami sangat senang saat membaca berita di Tempo pada 27 Juni 2018 lalu, bahwa Bapak Gubernur Papua Barat Dominggus Mandacan juga dengan lantang menyatakan komitmen menjaga hutan Provinsi Papua Barat seluas 9.730.550 hektar atau 90 persen dari seluruh luas wilayah hutan di Papua Barat. Bahkan Bapak Dominggus Mandacan juga mengatakan pemerintah dan masyarakat Papua Barat berkomitmen menjaga sekitar 25 persen area konservasi dataran dan 11 hutan lindung dengan luas 3,2 juta hektar atau 32 persen luas dataran. Ini angin segar bagi kami! Berarti Bapak Gubernur juga berjuang seperti kami!

Sa tahu, tidak mudah bagi pemerintah menjaga hutan tropis Papua agar tidak habis. Namun jika Pemerintah Kabupaten Sorong Selatan menerbitkan Peraturan Daerah yang memberikan pengakuan kepada Knasaimos sebagai masyarakat hukum adat, kemudian menyampaikan aspirasi kami kepada pemerintah pusat agar memberikan status Hutan Adat, maka kami akan menjadi garda terdepan dalam memperkuat pemerintah melindungi hutan Papua, melindungi sahabat kami. Semoga Bapak mendengar aspirasi kami ini.

Salam kami dan sahabat kami di Papua,

Arkilaus Kladit
Anggota Dewan Adat Knasaimos



Hari ini: Arkilaus mengandalkanmu

Arkilaus Kladit membutuhkan bantuanmu untuk mengajukan petisi "Beri Pengakuan Masyarakat Hukum Adat serta Hutan Adat kepada suku Knasaimos". Bergabunglah dengan Arkilaus dan 104 pendukung lainnya hari ini.