Petition Closed

Karena banyak ruang public di Indonesia yang melarang masyarakat melakukan kegiatan memotret dan bahkan malah menjadi lahan untuk "oknum" tertentu dan/atau "preman" untuk memungut retribusi tidak resmi.

Bukan hanya di ruang public, bahkan di tempat wisata yang berbayarpun seringkali terjadi pehobi fotografi di datangi oleh oknum maupun preman dimintai uang dengan dalih sebagai biaya perijinan untuk memotret.

Di luar negeri fotografer bebas untuk memotret di ruang public dan tempat wisata tanpa gangguan oknum maupun preman.

Padahal dengan foto, salah satunya bisa sangat membantu dunia pariwisata di Indonesia. Apalagi di jaman internet dan social media seperti sekarang ini, dimana foto-foto tersebut kemudian akan di upload ke social media yang kemudian dapat dilihat oleh orang-orang di seluruh dunia.
Apa jadinya kalau kemudian ada turis yang datang ke tempat wisata di Indonesia, seperti Bali misalnya, kemudian dilarang memotret di masa liburannya disana?

Sangat memalukan....!

Oleh karena itu, kami mendesak Pemerintah segera memberantas para oknum dan preman yang melakukan kegiatan pungutan liar tersebut dan segera mengumumkan bahwa orang bebas untuk melakukan kegiatan fotografi di ruang public dan tempat wisata. Terutama bagi para pehobi fotografi.

Letter to
Ibu Presiden Republik Indonesia Ibu Ani Yudhoyono
Bebaskan kegiatan memotret di ruang public dan tempat wisata.