Stop Flash Sale Ghoib

0 telah menandatangani. Mari kita ke 100.


Tulisan ini adalah opini pribadi dari saya yang telah mengikuti flash-sale dan mencoba menuntut cara penjualan yang lebih baik kepada para pemilik usaha ecommerce di Indonesia. Pemilik ecommerce ini  yaitu Lazada, shopee, jd.id, dan khususnya yang paling menjengkelkan pihak Tokopedia. 

Jadi kenapa flash sale marak digunakan untuk menjual produk? Tentunya ini adalah teknik marketing yang dapat meningkatkan target perusahaan secara drastis. Baik itu target user, download, consumer awareness dengan orang-orang ngomongin produk flash sale, dan tentu saja target penjualan. Akan tetapi akhir-akhir ini perusahaan yang menyelenggarakan flash sale kurang memiliki tanggung jawab. Kecurigaan terhadap praktik flash sale yang kurang bertanggung jawab ini juga sekarang banyak diliput oleh media-media online akan tetapi selalu disanggah oleh perwakilan dari perusahaan.

Berikut pengalaman saya ketika mengikuti flash sale di tokopedia untuk mendapatkan handphone Luna V Dual. Pengalaman buruk saya ketika mengikuti flash sale adalah:
1. Rugi waktu karena ketidak tahuan para calon pembeli tentang jadwal pasti kapan handphone ini dijual, baru diinformasikan 1-2 jam sebelum flash sale dimulai, dan itupun tak semua pembeli tahu. Lebih parahnya lagi perubahan jam flash sale dari yang awalnya jam 12.00 menjadi jam 18.00 dan pemberitahuannya sangat mepet. 

2. Tidak adanya jumlah pasti berapa produk yang akan dijual selama flash sale, serta jumlah barang tersisa selama flash sale dimulai.

3. Awal mula flash sale dimulai, label harga belum diganti dengan harga yang akan dijual di flash sale, sehingga membingungkan calon pembeli yang akan membeli barang.

4. Label harga diganti pada menit ketiga flash sale namun beberapa detik kemudian dinyatakan bahwa stok sudah habis.

5. Antusiasme berlebih untuk mendapatkan produk flashsale membuat calon pembeli tidak bisa fokus terhadap hal lain, contoh kerja, kuliah, sholat bahkan saat tidur. Namun ketika produk dinyatakan sudah berhasil terbeli, orang yang belum punya saldo tokopedia harus rela antri di toko ritel maupun atm terdekat untuk segera membayar produk tersebut. namun lagi lagi harus dikecewakan karena pembayaran yang sudah dilakukan dibatalkan oleh pihak tokopedia dan uangnya pindah ke tokocash. bayangkan, berapa besar keuntungan yang sudah didapatkan oleh tokopedia akibat pembatalan transaksi ini !!!

6. Sistem yang belum mendukung adanya penghentian transaksi apabila barang sudah dipesan. Jadi, jangan memberi harapan palsu karena prinsip transaksi di tokopedia adalah siapa yang paling cepat membayar barang, maka transaksi tersebut dinyatakan berhasil. ini yang harus dihilangkan atau DIGANTI karena pasti banyak pembeli yang nasibnya sama sudah membayarkan sejumlah uang namun dicancel karena sudah terbayar semua produknya. Paling tidak memberi notifikasi dari email atau sms mengenai status produk yang sudah terbayar semua, biar pembeli juga tidak perlu repot repot melakukan banyak hal namun akhirnya yaa tetep di cancel, payah !!!

7. bagi para admin tokopedia atau agen khusus yang ikut nimbrung dalam komentar di diskusi produk, FUCK YOU SO MUCH !!! jangan mentang mentang sudah paham alurnya dan malah mengajak ribut calon pembeli yang lain.

 



Bisa dicek kebenaran tulisan ini dengan melihat diskusi produk di 
https://www.tokopedia.com/luna/luna-v-dual-gold-1/talk?trkid=undefined


Jika Anda sebagai pembaca setuju dengan tulisan ini dan berharap pihak ecommerce dapat mengevalusi diri untuk menjadi lebih baik mohon dukung kampanye ini dan share ke teman-teman Anda.

Terima kasih



Hari ini: mif mengandalkanmu

mif kira membutuhkan bantuanmu untuk mengajukan petisi "Badan Perlindungan Konsumen Nasional (BPKN): Stop Flash Sale Ghoib". Bergabunglah dengan mif dan 15 pendukung lainnya hari ini.