Tolak Kampanye Hitam Pilgub Jatim 2018!!

0 telah menandatangani. Mari kita ke 500.


Pemilu di Indonesia menjadi hal yang penting karena pemilu menjadi sarana di mana setiap warga negara memilih para wakilnya yang akan menjalankan roda Pemerintahan di tingkat Nasional, Provinsi, dan Kabupaten/Kota.

Tahun 2018 adalah tahun politik bagi masyarakat seluruh Indonesia salah satunya adalah masyarakat Jawa Timur yang memiliki hajatan untuk Pemilihan Umum Kepala Daerah (Pilkada).

Salah satu masalah yang kerap mencuat dalam Pemilu maupun Pilkada adalah kampanye hitam (black campaign) yang sering dilakukan oleh salah satu kandidat atau tim kampanye tersebut untuk menjatuhkan kandidat lainya.

Kampanye hitam dilarang karena cenderung kearah fitnah dan menyebarkan berita bohong terkait kandidat tertentu, hal ini sudah dijelaskan dalam Peraturan Undang-Undang Nomor 10 Tahun 2016 Tentang Larangan Dalam Pemilihan Kepala Daerah dan Peraturan KPU Nomor 4 Tahun 2017 Tentang Kampanye Pilkada.

Salah satu isi peraturan mengenai kampanye hitam adalah dilarang melakukan kampanye berupa menghasut dan memfitnah partai politik lawan, dilarang menjanjikan dan memberikan uang untuk mempengaruhi pemilih,dilarang menghina agama,suku atau golongan pasangan calon lainnya, yang terakhir ialah dilarang melakukan kekerasan dan mengganggu keamanan ketentraman serta ketertiban umum.

Jumlah Daftar Pemilih Tetap (DPT) Pilkada Jawa Timur 2018 yang sudah ditetapkan Komisi Pemilihan Umum (KPU) melalui rapat pleno terbuka (20/4). Penetapan jumlah kertas suara yang akan dicetak berdasarkan jumlah DPT yaitu 30.155.719 pemilih yang terdiri dari 15.315.352 pemilih perempuan dan 14.840.367 pemilih laki-laki.

Supaya Pilkada Jatim berjalan dengan aman dan tertib maka seluruh masyarakat Jawa Timur harus menyatakan perlawanan dan menolak segala bentuk kecurangan yang terkait dengan kampanye hitam.

Ayo dukung Bawaslu untuk melawan kampanye hitam agar Pilkada Jatim berjalan dengan bersih dan aman. Langkah sederhana yang bisa kamu lakukan adalah dengan menandatangani dan menyebarkan petisi ini.

Petisi ini didukung oleh : Koalisi Masyarakat Sipil Untuk Pemilu Bersih dan Mahasiswa Administrasi Publik FISIP UHT.

 

#TOLAKKAMPANYEHITAMPILGUBJATIM2018

#TOLAKKAMPANYEHITAMPILGUBJATIM2018

#SUKSESPILGUBJATIM2018



Hari ini: firdha mengandalkanmu

firdha diah membutuhkan bantuanmu untuk mengajukan petisi "Badan Pengawas Pemilu Provinsi Jawa Timur : Tolak Kampanye Hitam Jawa Timur 2018". Bergabunglah dengan firdha dan 201 pendukung lainnya hari ini.