Petisi ditutup

Ridwan Kamil, Dadang M. Naser, Berikan Transportasi Umum Layak menuju RUMAH SAKIT

Petisi ini mencapai 51 pendukung


Ada lebih dari 30 Rumah Sakit di Bandung Raya, namun banyak diantaranya sulit dijangkau dengan transportasi umum karena kemacetan jalan di sekitarnya.

Saya ambil contoh RSU Hasan Sadikin, salah satu Rumah Sakit milik pemerintah terbesar di Jawa Barat. Transportasi Umum yang melewati dan bisa berhenti di dekat RSU Hasan Sadikin hanya angkot, dengan jalur kemacetan yang lumayan tinggi di sekitarnya. Masalahnya Pemerintah Kota Bandung tidak memperhatikan keberadaan angkot, membiarkannya mati perlahan digantikan oleh motor dan mobil. Tidak pula memberi akses transportasi umum murah lain sebagai alternatif menuju Rumah Sakit itu.

Saya sendiri pernah berada di angkot bersama seorang bapak sakit dengan napas sudah tersengal-sengal, yang harus melewati Jalan Cihampelas yang sangat macet menuju RSU Hasan Sadikin. Untung saja supir angkot yang saya naiki segera keluar rute untuk menolong bapak yang sakit itu. Padahal Rumah Sakit seharusnya bisa dicapai dengan cepat dan sebisa mungkin dibuat bebas hambatan.

Sampai saat ini saya tidak dapat menemukan rencana transportasi umum terpadu Bandung Raya, atau minimal kota Bandung, sehingga saya tidak mengetahui apakah pemerintah memiliki rencana untuk membuat transportasi umum yang dapat mengakses banyak rumah sakit dengan cepat atau tidak. Bahkan dalam rencana pembangunan Light Rail Rapid Transit (LRT) pun, yang memakan biaya sangat besar, hanya dua rumah sakit yang ada dalam titik haltenya, yaitu RS Immanuel dan RSU Cibabat.

Oleh karena itu saya berharap pemerintah dapat memberikan transportasi umum layak dan terjangkau menuju RUMAH SAKIT, terutama RUMAH SAKIT MILIK PEMERINTAH atau rumah sakit yang selama ini banyak menjadi rujukan BPJS dari fasilitas kesehatan lain. Semoga pemerintah dapat bertanggung jawab memberikan transportasi umum terpadu yang dapat diandalkan, bukan hanya LRT, namun seluruh transportasi umum.

+pengguna transportasi umum+

 

Untuk informasi rute LRT, bisa dilihat di sini: http://transportasiumum.com/content/inikah-rute-lrt-bandung-raya/

keterangan: foto diambil dari wikimedia commons https://commons.wikimedia.org/wiki/File:Traffic_congestion_Jl_Asia_Afrika_Bandung.jpg

 

Tambahan:

Saya menemukan berita kalau RSUD Al Ihsan, Baleendah, Kabupaten Bandung, akan dibangun menjadi RS besar dan akan menjadi rujukan faskes lain di Jawa Barat. Bahkan direncanakan akan menjadi RS pemerintah terbesar kedua di Jawa Barat. Oleh karena itu kami juga memohon Bupati Bandung, H. Dadang M. Naser, untuk memberikan transportasi umum yang baik di lokasi rumah sakit tersebut, sekaligus menertibkan PKL untuk mengurai kemacetan sekitarnya.



Hari ini: Sally mengandalkanmu

Sally Anom membutuhkan bantuanmu untuk mengajukan petisi "Ahmad Heryawan, Ridwan Kamil, Dadang M. Naser, Ahmad Heryawan, Ridwan Kamil, Berikan Transportasi Umum Layak menuju RUMAH SAKIT di Bandung Raya". Bergabunglah dengan Sally dan 50 pendukung lainnya hari ini.