Perbarui Data Penerima Bantuan Sosial agar Tidak Salah Sasaran

0 telah menandatangani. Mari kita ke 500.


 

Pembaharuan data secara berkala sangat diperlukan terkait dengan pembagian bantuan sosial oleh pemerintah bagi masyarakat kurang mampu. Namun di berbagai daerah masih sering kali ditemukan adanya bantuan yang salah sasaran. Entah yang seharusnya menerima tidak terdata atapun sudah pindah domisili tapi yang tercatat tetap data yang lama. Hal ini menyebabkan pembagian bantuan sosial tidak tepat sasaran karena penerima bantuan bukanlah orang yang seharusnya menerima.

Dikutip dari finance.detik.com (2/7/20) hal utama yang menjadi penyebab bantuan sosial salah sasaran yaitu sampai saat ini hanya 103 kabupaten/kota yang aktif memperbaharui data dan sekitar 411 lainnya tidak melakukan pembaharuan data.

Padahal pembaharuan data sangat diperlukan apalagi di saat pandemi seperti sekarang ini masyarakat kurang mampu sangat membutuhkan bantuan sosial dari pemerintah. Oleh karena itu kami membuat petisi ini agar pemerintah daerah lebih sering melakukan pembaharuan data penerima bantuan sosial untuk mengurangi adanya bantuan yang salah sasaran.