MOVEMENT

Indonesia Darurat Rokok

0

petitions

127,993

supporters

About the movement

Indonesia Darurat Rokok

Indonesia sedang menanti bonus demografi yang puncaknya berada di tahun 2045. Dimulai tahun 2015 lalu, di tahun 2045, jumlah penduduk usia produktif akan terus naik mencapai jumlah tertinggi. Ini adalah sebuah kesempatan bagi bangsa Indonesia untuk lepas landas bersama generasi emas tersebut. Namun di sisi lain, industri rokok melihat ini juga sebagai peluang mereka untuk memproduksi lebih banyak dan meraup konsumen dan keuntungan sebanyak-banyaknya. Berbagai iklan dan promosi dilakukan begitu gencar kepada anak-anak muda, kalau perlu melakukan intervensi pada kebijakan untuk melonggarkan jalan mereka.

Usia perokok pemula di Indonesia semakin muda. Riset terbaru menyebutkan 20,3 persen anak usia sekolah 13 – 15 tahun sudah merokok. Di Indonesia, Kementerian Kesehatan mencatat setidaknya 960.000 kasus sakit per tahun akibat rokok, dan Tobacco Atlas mencatat setidaknya 217.400 kematian per tahun. Kementerian Kesehatan juga telah menghitung biaya yang timbul karena beragam masalah kesehatan akibat rokok, yaitu Rp378,75 triliun rupiah di tahun 2013.  Pada tahun yang sama, besaran cukai rokok yang selalu digembar-gemborkan sebagai sumber besar pendapatan negara hanyalah Rp103 triliun, yang artinya hanya 27,2% dari kerugian kesehatan yang ditimbulkan.  

Mungkin bagi Anda, itu semua hanya angka, hanya sebatas data. Tapi mari buka mata. Di sekitar kita, di gang-gang kecil, di sudut-sudut jalan, pemandangan anak-anak merokok tampak jamak. Foto-foto anak merokok semakin banyak yang viral di sosial media. Ada apa dengan bangsa ini? Tak pedulikah bapak-ibu mereka, keluarga, guru, kawan, wakil rakyat, presiden, tak pedulikah kita pada mereka?

Tak perlu disebutkan lagi apa bahaya rokok bagi kesehatan. Secara akademis telah dibuktikan bahwa rokok menjadi faktor risiko utama penyebab penyakit-penyakit mematikan, seperti kanker paru, penyakit jantung, dan stroke. Dibutuhkan 10 – 15 tahun bagi perokok untuk mulai merasakan penyakit-penyakit akibat konsumsi rokok. Jika saat ini anak-anak kita mulai merokok di usia sekolah, maka di usia produktif kelak mereka justru terancam berbagai penyakit akibat merokok. Maka, hilanglah kesempatan bangsa ini untuk lepas landas.

Maka, perubahan harus dilakukan. Gerakan melawan kapitalisme industri raksasa bukanlah hal yang mudah, namun bisa dilakukan jika kita bergerak bersama. Mari, bergandengn tangan melindungi anak-anak kita dari jerat candu nikotin. Negeri kita bukan asbak, anak-anak kita tidak dilahirkan untuk jadi sakit-sakitan.

petition document group

Start a petition to bring this movement to your community!

Join the movement by starting a petition to represent your community. Everyday people make change happen, and we're here to help.

Start a petition using a template

Petitions in the movement