FAQ

“Kok ada petisi kaya begini sih di Change.org?”

May 3, 2019

Lagi memantau timeline, tiba-tiba kamu melihat sebuah link ke petisi Change.org yang bikin penasaran. Kamu klik, dan membawa kamu ke petisi yang bikin kamu sebel! Kamu ga setuju sama sekali dengan petisi tersebut.

Tetapi kenapa tetap ada di Change.org?

Fungsi petisi online di Change.org bertindak sebagai media sosial. Artinya yang membuat kontennya adalah para pengguna situs, seperti facebook, twitter, dan media sosial lainnya. Karena situs Change.org adalah sebuah open platform atau wadah terbuka, maka siapa saja bisa memulai dan menandatangani petisi. Termasuk petisi-petisi yang menuai pro-kontra di masyarakat. Tidak jarang pula terdapat 2 petisi dengan pesan saling bertolak belakang.

Walau begitu, kita memiliki Kebijakan atau Pedoman Komunitas Change.org. Jika kamu melihat konten petisi yang melanggar ketentuan-ketentuan tersebut, maka kamu bisa langsung laporkan petisi tersebut. Misalnya, petisi-petisi yang mengandung kekerasan atau membahayakan anak-anak, bisa kami langsung cabut dari situs.

Untuk mempelajari lebih lanjut Kebijakan dan Pedoman Komunitas Change.org, kamu dapat membacanya di sini.

“Terus, apa yang bisa saya lakukan kalau ada petisi yang saya gak setuju?”

Kalau menurut kamu penting adanya perspektif lain dalam isu tersebut, dan merasa banyak juga yang berpendapat sepertimu, kami anjurkan kamu untuk membuat petisi dari perspektif kamu. Mengkontestasikan ide-ide dan perspektif yang berbeda adalah hak kamu, dan salah satu tanda demokrasi yang sehat.