Tifatul Sembiring, Beri Alokasi Frekuensi Yang Adil Bagi Penyiaran Komunitas
  • Petitioned Tifatul Sembiring

This petition was delivered to:

Menteri Komunikasi dan Informasi
Tifatul Sembiring

Tifatul Sembiring, Beri Alokasi Frekuensi Yang Adil Bagi Penyiaran Komunitas

    1. Petition by

      Jaringan Radio Komunitas Indonesia

Sejak tahun 2005 sampai sekarang tahun 2013, lebih dari 600 radio komunitas terbengkalai proses perizinan-nya di Kementerian Komunikasi dan Informasi (Kominfo).

Salah satu alasan yang sering dikemukakan oleh pejabat birokrasi di Kominfo adalah alasan teknis tidak tersedia-nya alokasi frekuensi untuk penyiaran komunitas terutama untuk teve komunitas.

Kominfo pernah mengeluarkan Keputusan Menteri (KM) no. 15 tahun 2003 tentang Master Plan Frekuensi FM yang sampai 2010 sudah mengalami 2 kali perubahan.

Keputusan Menteri tersebut meng-anak-tirikan kedudukan penyiaran komunitas dengan hanya diberi alokasi frekuensi FM tidak lebih dari 1% dari alokasi frekuensi FM yang ada. dari 204 kanal yang tersedia penyiaran komunitas di alokasikan hanya 3 kanal paling akhir dan ujung yang berbatasan dengan frekuensi penerbangan yakni 107,7;109,8; dan 107,9 alokasi ini pun yang di sediakan praktik lapangan-nya banyak digunakan oleh lembaga penyiaran yang didirikan oleh pemerintah daerah atau lembaga negara lain seperti kepolisian.

Ketersediaan alokasi frekuensi yang adil dan setara untuk penyiaran komunitas penting karena akan menjamin tumbuh dan berkembangnya penyiaran komunitas dalam sistem penyiaran Indonesia.

Recent signatures

    News

    1. Reached 100 signatures
    2. Radio Komunitas di Jawa Barat Meminta percepatan proses perizinan

      Tanggal 28 Januari 2012 kemarin, JRK Jabar, KPID Jabar, Balmon, Dirjen PPI Kominfo bertemu di kantor KPID Jabar, pertemuan itu menghasilkan beberapa rekomendasi untuk menindaklanjuti permasalahan legalitas rakom di Jabar dikarenakan permasalahan teknis, terutama frekuensi di wilayah Bandung Raya.
      Pertemuan tersebut menghasilkan kesepakatan proses perizinan radio komunitas di Jawa Barat akan di bahas secara khusus dalam FRB (Forum Rafap Bersama) rencananya akan dilaksanakan pada minggu ke 3 bulan Februari 2013.
      Mudah-mudahan proses perizinan rakom di Jabar tidak tertunda lagi. kita tunggu dan oleh karena itu kita membutuhkan lebih banyak lagi dukungan untuk petisi ini supaya proses perizinan rakom di daerah lain di Indonesia prosesnya juga di percepat.

    3. Ayo Sebarkan Petisi ini untuk Penyiaran Komunitas lebih baik

      sudah lebih dari 30 orang menandatangani petisi ini. Kita butuh lebih banyak lagi yang memberi tandatangan. tolong bantu kami untuk menyebarkan perihal ini ke teman2 yang lain.
      sebagai kabar, setiap kali ada yang menandatangani petisi ini maka otomatis pernyataan dukungan tersebut masuk ke email kominfo. Ayo kita ramaikan.
      salam hangat + udara milik kita

    4. Reached 25 signatures

    Supporters

    Reasons for signing

    • Penyiaran Publik YOGYAKARTA, INDONESIA
      • 2 months ago

      frekuensi adalah milik publik, maka setiap warga negara termasuk penyiaran komunitas berhak mendapat alokasi frekuensi yg adil

      REPORT THIS COMMENT:
    • muh nugroho INDONESIA
      • 5 months ago

      penting dalam hal perkembangan informasi, dan memberikan ruang sendiri untuk masyarakat, umumnya praktisi radio komunitas untuk membangun dan memberikan andil bersuara dengan positif untuk kemajuan sebuah daerah,yang notabene suara tadi pun belum trecover oleh radio siaran swsasta yang ada.dan menjadikan wadah plus untuk membangun sebuah komunitas di aerah tersebut. maka pentingnyas peratuan tadi di berikan ruang yang special untuk Praktisi radio Komunitas, untuk turut bersuara. bukan menjadikan pula sebagai kompetitor bagi radio siaran swasata yg ada tapi menjadi kan sebagai pelengkap media

      REPORT THIS COMMENT:
    • Murie Timothy INDONESIA
      • 5 months ago

      Sebagai kritik bagi sistem birokrasi di indonesia yang ternyata sampai hari ini masih di cap lambat dan bertele tele.

      REPORT THIS COMMENT:
    • zaenal abidin MALANG, UNITED STATES
      • 5 months ago

      agar media radio menjadi lebih baik

      REPORT THIS COMMENT:
    • Prima Septian INDONESIA
      • 5 months ago

      ada hal yang yang sangat rancu dalam melaksanakan undang-undang tentang LPK dan ketidak adilan alokasi Frekuensi

      REPORT THIS COMMENT:

    Develop your own tools to win.

    Use the Change.org API to develop your own organising tools. Find out how to get started.