• Petitioning Susilo Bambang Yudhoyono

This petition will be delivered to:

Presiden Republik Indonesia
Susilo Bambang Yudhoyono
Bupati Minahasa Utara
Sompie Singal
Gubernur Sulawesi Utara
Sinyo Harry Sarundajang
Menteri ESDM RI
Jero Wacik
Marine Program Director - Conservation International
Dr. Tiene Gunawan
Marine Program Director - WWF
Wawan Ridwan
Dr. Stacey Tighe
Maurice Knight
Tristam Perry
USAID
Alfred Nakatsuma
USAID
Harry Lipper
USAID
Katherine O Valdez
USAID
Renerio Acosta
Ditjen Pulau-Pulau Kecil KKP
Agus Dermawan
Operational Director WWF Indonesia
Nazir Foead
WWF Indonesia
Veda Santiadji
USAID - RDM Asia/REO
Winston Bowman
WWF Indonesia
Lida Pet Soede
— — — — — — — — — — — — — — — — — — — — — — — — — — — — —

Gub. @Sarundajang2014 & Bupati Sompie Singal: Tolak tambang di pulau kecil. Selamatkan Pulau Bangka – Sulut!

    1. Kaka Slank
    2. Petition by

      Kaka Slank

      Jakarta, Indonesia

Kabar rencana tambang PT MMP di Pulau Bangka kudengar pada saat awal 2013 aku ke sana untuk ke-2 kalinya. Obrolan divers abis nyelem. Langsung loncat aku! I said NO WAY!!! Tidaaakkk !!!

(Click here for English version!)

'1st time ku ke Bangka Island waktu “diving trip” ku ke Manado. Rencananya diving di Bunaken, Manado Tua, Lembeh. Tapi temen bilang “Kamu harus pergi ke Pulau Bangka!” langsung mikir Bangka-Belitung ternyata deket aja dari Manado! ;) langsung menuju kesana! Itu Maret 2012

Sekarang sudah ke-4X-nya aku ke Bangka! Alamnya bagus, cantik, bawah laut-nya salah satu yang terbaik! soft coralnya bikin warna lautnya biru muda. Dan kecil banget! Sesuai peraturannya*, pulau yang dibawah 200.000 hektar ga boleh ditambangi. Dan pulau ini luasnya 4700 hektar! Jadi kalo bener jadi pertambangan PT MMP (Mikgro Metal Perdana) itu, udah jelas ilegal!

Gubernur Sulawesi Utara, Harry Sarundajang, selalu bilang kalo dia akan jadi gubernur hijau! Bupati Sompie Singal juga harus bertanggung jawab! Petisi ini aku buat untuk dorong mereka menyelamatkan pulau Bangka dan stop tambang itu. We have to save it!

Terakhir aku ke sana, lebaran. Muter ke kampung-kampung yang tadinya aku gak bakalan kebayang akan ke situ. Setelah ngobrol-ngobrol, subhanallah mereka udah ratusan, maybe ribuan taon kali tinggal di situ.

Hampir seratus persen penduduk melawan rencana penambangan. Mereka fight (semampunya) untuk jangan sampe ada penambangan di Pulau Bangka. Mereka tau betul lautnya bisa rusak berat, akhirnya penghidupan sebagai nelayan ya hancur. Dan penduduk juga tau tentang bentuk pulau itu, kalo sampe di tambang, bisa patah dan tenggelam.

# Rugi besar kalau penambangan datang ke pulau itu. # Ayo maju. Jangan takut. Jangan mundur. Ajak teman dukung petisi ini, tolak tambang PT MMP di Pulau Bangka!

Dari sisi environmental-nya: limbahnya akan banyak banget, dari sungai terus ke laut. Terumbu karang akan hancur, dan ikan akan hilang. 

Sisi sosialnya: Otomatis kalo ikannya hilang, mata pencaharian nelayan juga hilang! Belom lagi penduduk akan digusur, ntah kemana. Kita tau lah.. Seumur hidup tinggal di 1 tempat tiba-tiba pindah, harus cari kerjaan lagi, bangun kehidupan baru lagi.

Itulah kenapa penting banget kita support Pulau Bangka dan penduduknya. Sekarang sih Pulau Bangka, besok pulau-pulau yang lain, lama-lama habis semua alam kita! 

# Makasih ya untuk dukung #SaveBangkaIsland

Kaka “Slank”

 

—————————————————————————————————————

*Undang-undang terkait: 

— UU No. 27/2007 tentang Pengelolaan Wilayah Pesisir dan Pulau-Pulau Kecil. Menetapkan larangan aktivitas bisnis atas Pulau Bangka dan kesatuan ekosistem sekitarnya karena ia masuk kategori wilayah pulau-pulau kecil (di bawah 200.000 Ha).

— UU No. 24/2007 tentang Penanggulangan Bencana. Mewajibkan Bupati (Minahasa Utara) untuk membuat Analisa Resiko Bencana atas rencana pertambangan tersebut;

— UU No. 32/2009 tentang Perlindungan dan Pengelolaan Lingkungan Hidup. Mewajibkan Bupati (Minahasa Utara) untuk membuat Kajian Lingkungan Hidup Strategis (KLHS) Minahasa Utara sebagai landasan pemanfaatan ruang di wilayah kabupaten Minahasa Utara. Dokumen AMDAL harus jadi landasan pemberian izin usaha pertambangan dan menyampaikan ke publik secara resmi dan terbuka;

— UU No. 14/2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik. Mewajibkan Bupati (Minahasa Utara) untuk tidak menutup-nutupi informasi terkait kebijakan yang dikeluarkan terkait PT. Mikgro Metal Perdana.

—————————————————————————————————————

 

Kampanye Media Sosial #SaveBangkaIsland

Dukung juga kami melalui Facebook: www.facebook.com/groups/SaveBangkaIsland

Dukung juga kami melalui Google+www.gplus.to/SaveBangkaIsland

Ikuti juga kami melalui Twitterhttps://twitter.com/SaveBangka

Video lainnya: www.youtube.com/user/SaveBangka 
dan vimeo.com/SaveBangkaIsland

Adalah kampanye gabungan antara: Kaka SLANK, Greenpeace, Change.org, WALHI Friends of the Earth Indonesia, AMMALTA Aliansi Masyarakat Menolak Limbah Tambang, LMND Liga Mahasiswa Nasional untuk Demokrasi Sulut & Tunas Hijau.

Informasi lebih lanjut dan hubungi: dhenokpratiwi@gmail.com

Recent signatures

    News

    1. Gubernur Sulut: Abdi Negara Sejahtera Bersama Jokowi-JK

      Kaka Slank
      Petition organiser
      Gubernur Sulut: Abdi Negara Sejahtera Bersama Jokowi-JK

      KEYAKINAN itu yang membuat mantan peserta konvensi calon presiden Partai Demokrat tersebut memilih mendukung pasangan Joko Widodo-Jusuf Kalla.

    2. Sarundajang Bantah Ada Masyarakat Menolak Tambang Di Pulau Bangka

      Kaka Slank
      Petition organiser
      Sarundajang Bantah Ada Masyarakat Menolak Tambang di Pulau Bangka

      Manado - Gubernur Sulawesi Utara S H Sarundajang membantah informasi yang menyatakan adanya penolakan yang membawa-bawa nama masyarakat terhadap pembangunan tambang di Pulau Bangka Minahasa Utara. Kepada para wartawan di kantor gubernur Selasa (1/7/2014) dia menegaskan agar berhati-hati menerima informasi seperti itu.

    3. Mingkid: WPR Punya Amdal

      Kaka Slank
      Petition organiser
      Mingkid: WPR Punya Amdal - Tribun Manado

      TRIBUNMANADO/FRANSISKA NOEL Gugusan karang indah di Pulau Bangka, Minahasa Utara. TRIBUNMANADO.CO.ID, AIRMADIDI - Dari 60 ribu hektare wilayah pertambangan (WP) di Minahasa Utara, sebanyak 50 hektare adalah wilayah pertambangan rakyat (WPR). Kadis Pertambangan Minut Allan Mingkid menyatakan, WPR di Minut adalah satu - satunya di Indonesia yang memiliki izin amdal.

    4. DPR Dan Aktifis Desak Sompie Singal Patuhi Putusan MA

      Kaka Slank
      Petition organiser
      DPR Dan Aktifis Desak Sompie Singal Patuhi Putusan MA

      Manado - Terkait Pro Kontra Pertambangan di Pulau Bangka kabupaten Minahasa Utara (Minut) Sulawesi Utara (Sulut), Koalisi Nasional Penyelamatan Pulau Bangka kembali menggelar aksi demonstrasi Sabtu (28/06) kemarin siang, sebagaimana pantauan beritamanado dilapangan aksi damai yang diikuti puluhan aktifis lingkungan hidup dari unsur Yayasan Lembaga Bantuan Hukum Indonesia (YLBHI), Change.or.id, Green Peace, Eknas Walhi, Aliansi Masyarakat AMALTA Sulut, LMND Sulut, Tunas Hijau membentangkan spanduk bertuliskan 'Tolak Tambang Pulau Bangka, Usir PT MMP Sekarang'.

    5. Terkait Bangka, Bupati Minut Melawan Perintah PTUN dengan PK

      Kaka Slank
      Petition organiser
      Terkait Bangka, Bupati Minut Melawan Perintah PTUN dengan PK - Tribun Manado

      TRIBUNMANADO.CO.ID, AIRMADIDI - Perintah Pengadilan Tata Usaha Negara Manado untuk mematuhi putusan yang memenangkan warga Pulau Bangka ditanggapi dingin Pemerintah Kabupaten Minahasa Utara. Bupati Minut Sompie Singal melalui Kadis Pertambangan Minut Allan Mingkid mengatakan, eksplorasi di Pulau Bangka sudah tidak ada lagi.

    6. PT MMP Didesak Angkat Kaki dari Pulau Bangka

      Kaka Slank
      Petition organiser
      PT MMP Didesak Angkat Kaki dari Pulau Bangka

      Manado-Menyusul belum ditindaklanjuti putusan Mahkamah Agung no 291 K/TUN/2003 yang di bacakan PTUN Manado 18 Juni 2013, terkait penambangan biji besi PT MMP, memaksa aktivis lingkungan dan warga pulau Bangka bereaksi dan turun demo. Puluhan pendemo yang terdiri dari warga pulau Bangka, Wahana Lingkungan Hidup Indonesia (WALHI), Green Peace Indonesia, Kontras dan aktivis lingkungan lainnya, mendesak PT MMP segera angkat kaki dari pulau Bangka.

    7. Soal Kasus Pulau Bangka, Pemda Dinilai Lakukan Pembiaran

      Kaka Slank
      Petition organiser
      PT. MMP Abaikan Rekomendasi UKP4 - Soal Kasus Pulau Bangka, Pemda Dinilai Lakukan Pembiaran - Suara Manado

      Pulau Bangka yang teletak di wilayah Minahasa Utara mendapat perhatian dunia Internasional. Pasalnya salah satu aset nasional untuk pariwisata itu kini mulai dirusak karena adanya penambangan biji besi yang dilakukan oleh PT. MMP sebuah perusahan yang berasal dari China. Kendati mendapat penolakan dari masyarkat, PT.

    8. Aryanthi Baramuli: Batalkan Penambangan di Pulau Bangka

      Kaka Slank
      Petition organiser
      Aryanthi Baramuli: Batalkan Penambangan di P Bangka

      Foto Ungkap Pembangunan Dermaga PT MMP Timbun Karang Aryanthi Baramuli: Batalkan Penambangan di P Bangka Foto Pembangunan Dermaga di Pulau Bangka (repro foto beritaManado) MANADO- Di sela hiruk pikuk Piala Dunia Brazil dan penyelenggaraan Pilpres, isu penyelamatan Pulau Bangka dari proses penambangan biji besi yang dilakukan PT Mikgro Metal Perdana (MMP) seperti tenggelam diskusinya di masyarakat.

    9. Boikott Media Online Umum “Berita Kawanua — Terdepan Mengabarkan Fakta”!

      Kaka Slank
      Petition organiser

      Semua postingan dan berita dari BK (Berita Kawanua) akan dihapus dari Kampanye Save Bangka Island yang dianggap terang-terangan sebagai penyalahan gunaan kebebasan bicara dan press!

      Channel berita online ini terbukti sangat berpihak dan tidak independen. Berita mereka mengenai pulau Bangka dan persoalan pertambangan tidak objektif dan netral. Jelas terlihat BK disalah gunakan oleh PT MMP untuk menyebarkan berita fakta yang dimanipulasi, antara lain mengabaikan fakta nyata seperti Keputusan Mahkamah Agung (MA) di Jakarta, saran dari UKP4, tidak menaati Hukum Indonesia yang berlaku dan bahkan melanggar HAM.

    10. This is what happens when Harrison Ford meet Indonesian Minister of Foresty

      Kaka Slank
      Petition organiser

      You need more inspiration — watch this little video interview and then please reach out for an international respected celebrity to support the Bangka Islanders in their environmental fight to respect Indonesia Laws and the need to make Bunaken/Bangka/Pulisan/Lembeh Strait area a Marine Protected Area (MPA) of its own in Indonesia and for the whole world! http://whatanews.net/video-harrison-ford-marahi-menteri-kehutanan-indonesia

      Video Harrison Ford Marahi Menteri Kehutanan Indonesia

      Whatanews.net - Inilah Video Harrison Ford, pemeran Indiana Jones dan Han Solo (Star Wars) yang saat marah kepada Menteri Pertanian saat mengunjungi Indonesia dan melihat bertapa parahnya kehancuran hutan di Indonesia. ...

    11. BERITA FOTO : Bangun Dermaga PT MMP Timbun Coral

      Kaka Slank
      Petition organiser
      BERITA FOTO : Bangun Dermaga PT MMP Timbun Coral

      Manado - Pernyataan Pemkab Minut melalui Kabag Humas Pemkab Minut, Sem Tirayoh yang menyatakan tak ada pengrusakan lingkungan di Pulau Bangka berbanding terbalik dengan kenyataan di lapangan. Bahkan, salah satu pernyataan Tirayoh menyatakan di lokasi pembangunan dermaga PT Mikgro Metal Perdana (MMP) di Pulau Bangka bukan titik penyelaman juga bertolak belakang ( http://beritamanado.com/tirayoh-yang-ngomong-turis-atau-kontra-tambang/).

    12. Sompie Singal Lingkungan Apa Yang Rusak Disitu?

      Kaka Slank
      Petition organiser
      Sompie Singal: Lingkungan Apa Yang Rusak Disitu?

      Airmadidi - Drs Sompie SF Singal MBA, Bupati Minahasa Utara merasa aneh, ketika eksplorasi di Pulau Bangka di perkarakan pada Pengadilan Tata Usaha Negara. "Nah sekarang kita mo tanya, di pengadilan mana pun. Lingkungan apa yang rusak disitu?," kata Bupati Sompie Singal pada BeritaManado.Com usa kegiatan Pelantikan Kerukunan Toutemboan di Pemkab Minut, Kamis (5/6/2014) Ditegaskannya, di Pulau Bangka baru penelitian, belum ada pertambangan.

    13. Rayakan Coral Day di Tengah Ancaman Kerusakan Pulau Bangka

      Kaka Slank
      Petition organiser
      Rayakan Coral Day di Tengah Ancaman Kerusakan Pulau Bangka

      Ratusan orang berkumpul di pesisir pantai Desa Lihunu, Pulau Bangka, Minahasa Utara, Sulawesi Utara. Mereka dari dalam dan luar negeri. Sabtu-Minggu (14-15/6/14), para turis memeriahkan Coral Day. Coral Day 2014 bertema Healthy Coral for Healthy People, guna meningkatkan kepekaan dan kesadaran masyarakat di Indonesia, terutama di Sulut, melindungi ekosistem terumbu karang.

    14. Pemprov Bahas Potensi Konflik Pertambangan di Sulut

      Kaka Slank
      Petition organiser
      Pemprov Bahas Potensi Konflik Pertambangan di Sulut | Sulut Online

      Manado- Pemprov Sulut akhirnya mengundang Kabupaten dan Kota se Sulut untuk membahas sejumlah potensi konflik pertambangan di Sulut. Rapat tersebut menurut Kepala Biro Sumber Daya Alam (SDA) Setdaprov Sulut, Ir Erni Tumundo, untuk mensinergikan peraturan terkait pertambangan.

    15. Tambang Biji Besi Terindikasi Terjadi Pelanggaran HAM

      Kaka Slank
      Petition organiser
      Tambang Biji Besi Terindikasi Terjadi Pelanggaran HAM

      Manado - Komisoner Komnas HAM, Sandra Moniaga mewakili para masyarakat yang tidak setuju terhadap tambang biji besi menyatakan bahwa Pemerintah daerah harus memperhatikan keadilan dengan mempertimbangkan dampak kehadiran PT Migro Metal Perdana (PT MMP) karena terindikasi terjadinya pelanggaran HAM.

    16. UKP4 Rekomendasikan Penambangan Pulau Bangka Dihentikan Sementara

      Kaka Slank
      Petition organiser
      UKP4 Rekomendasikan Penambangan Pulau Bangka Dihentikan Sementara

      Jakarta- Unit Kerja Presiden Bidang Pengawasan dan Pengendalian Pembangunan (UKP4) yang berkantor di Jalan Veteran III Jakarta Pusat, akhirnya mengundang Gubernur Sulut DR Sinyo Harry Sarundajang (SHS) dan Bupati Minut Drs Sompie Singal bersama instansi terkait untuk membicarakan operasional penambangan biji besi PT Mikro Metal Perkasa (MMP) di pulau Bangka.

    17. Bupati Minut Hentikan Pembangunan Dermaga di Pulau Bangka

      Kaka Slank
      Petition organiser
      Bupati Minut Hentikan Pembangunan Dermaga di Pulau Bangka

      Maria Taramen-Grup Save Bangka Island Penggalian untuk pembangunan dermaga dalam rangka penambangan bijih besi, yang dilakukan oleh PT MMP di Pulau Bangka, Minahasa Utara telah dihentikan. TRIBUNMANADO.CO.ID, MANADO - Pembangunan dermaga di Pulau Bangka sebagai penopang penambangan bijih besi akhirnya dihentikan. Bupati Minahasa Utara, Sompie Singal menghentikan aktivitas pembangunan dermaga tersebut setelah mendapat kritik masyarakat.

    18. Warga Pulau Bangka Diimbau Jaga Keamanan

      Kaka Slank
      Petition organiser
      Warga Pulau Bangka Diimbau Jaga Keamanan

      Manado-Kepala Badan Lingkungan Hidup (BLH) Sulut DR Adry Manengkey, menghimbau agar warga pulau Bangka, bisa menahan diri untuk tidak berbuat hal-hal yang bisa mengganggu stabilitas daerah. Imbauan ini dikatakannya menyusul turunnya rekomendasi Unit Kerja Presiden Bidang Pengawasan dan Pengendalian Pembangunan (UKP4) bahwa operasional PT MMP harus dihentikan sementara.

    19. SHS “Panggil” Sompie Singal Terkait Aktivitas MMP di Pulau Bangka

      Kaka Slank
      Petition organiser
      SHS "Panggil" Sompie Singal Terkait Aktivitas MMP di Pulau Bangka | Sulut Online

      Bupati Singal juga menyebutkan, pihaknya nantinya akan mempersiapkan relokasi warga pulau Bangka jika aktivitas akan berlangsung. Bupati juga mengklarifikasi bahwa MMP tidak pernah dijadikan "mesin ATM" oleh Pemkab Minut. "Tidak benar itu, apalagi mereka belum beroperasi,"bantahnya.(tim/sulutonline).

    20. Pulau Bangka Menuju Tahap Operasi Produksi

      Kaka Slank
      Petition organiser
      Pulau Bangka Menuju Tahap Operasi Produksi

      Airmadidi - Allan Mingkid sebagai Kepala Dinas Pertambangan dan Energi Kabupaten Minahasa Utara mengatakan kegiatan terkait pertambangan di Pulau Bangka sudah menuju tahap produksi. Hal tersebut dikaitkannya dengan SK 162 MA tahun 2012 dengan nomor putusan 291K/TUN/2013 tentang pemberhentian tahap eksplorasi. "Disana sudah tak eksplorasi tapi menuju tahap Operasi Produksi.

    Supporters

    Reasons for signing

    • rivika karel MANADO, INDONESIA
      • 4 days ago

      karena pulau bangka adalah bagian dari indonesia, kita adalah warga indonesia sudah seharusnya kita pedula pada sauadara- saudara kita disana dan pada alam kita

      REPORT THIS COMMENT:
    • Andina Dewanti EAST JAKARTA, INDONESIA
      • 8 days ago

      Kita menjalankan hidup bukanlah untuk diri kita sendiri. Melainkan juga untuk generasi mendatang. Saya (dan juga pasti orang lain) tidak ingin generasi mendatang ini tidak lagi melihat pulau bangka sebagai pulau yang memiliki laut yang indah dan memiliki kekayaan alam yang bermanfaat dan harus dijaga. Generasi mendatang yang saya maksud bukan hanya untuk orang2 di dunia, tetapi juga untuk semua makhluk hidup yang ada di ekosistem tersebut. Bagaimana nasib semua makhluk hidup yang tinggal di pulau tersebut baik air maupun darat, dan para warga yang kehidupannya juga bergantung pada perairan pulau tersebut? Mereka semualah yang paling menderita.

      REPORT THIS COMMENT:
    • Ana Zussiva KARANGANYAR, INDONESIA
      • 9 days ago

      Sangat penting,

      Alam adalah bagian kita,

      Alam memberi kita kekayaannya untuk dinikmati,

      Mengapa kita tidak bisa memberikan cinta kita kembali, jangan terus serakah, mengambil, tapi kita juga harus memberi kembali, memberi cinta dan menjaga alam indah Indonesia untuk Indonesia yang terkenal pariwisatanya, tidak kalah dengan negara2 eropa

      REPORT THIS COMMENT:
    • Steve Elu JAKARTA, INDONESIA
      • 11 days ago

      Sudah saatnya tambang menyingkir dari Indonesia

      REPORT THIS COMMENT:
    • Arini Rahmawati INDONESIA
      • 11 days ago

      Pertambangan merugikan Indonesia di waktu mendatang. Kita bisa membunuh generasi kita sendiri!!!

      REPORT THIS COMMENT:

    Develop your own tools to win.

    Use the Change.org API to develop your own organising tools. Find out how to get started.