Jangan rusak Trowulan, tolak pabrik baja, tetapkan cagar budaya! #saveTrowulan
  • Petitioned Mustafa Kemal Pasha

This petition was delivered to:

Bupati Mojokerto
Mustafa Kemal Pasha
Kepala Balai Pelestarian Cagar Budaya Jawa Timur
Aris Soviyani
Dirjen Kebudayaan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan
Kacung Marijan
Wakil Menteri Kebudayaan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan
Wiendu Nuryanti
Gubernur Jawa Timur
Soekarwo

Jangan rusak Trowulan, tolak pabrik baja, tetapkan cagar budaya! #saveTrowulan

    1. Petition by

      Jaringan Pelestarian Majapahit

  1.  
  2.   
October 2013

Victory

Mustofa Kemal Pasha-Bupati Mojokerto menyatakan akan menghentikan pembangunan pabrik bajadengan komitmen sebagai berikut: 1. Tidak mengeluarkan ijin-ijin berikutnya yang diperlukan untuk melengkapi persyaratan pendirian pabik baja yang belum dikeluarkan saat ini. 2. Merelokasi pabrik baja ke luar kawasan Trowulan serta menganggarkan untuk membeli dan mengganti rugi tanah lokasi pabrik baja saat ini. 3. Berupaya menjaga situasi yang kondusif bagi warga sekitar. Sementara H. Soekarwo - Gubernur Jawa Timur memberikan dukungan dengan menyerukan Bupati Mojokerto untuk menghentikan pembangunan pabrik baja. Sekali lagi terimakasih atas partisipasi dukungan teman-teman semua. Mari kita lanjutkan dengan mengawal komitmen aparat terkait di atas, dan mari kita mulai bersama pelestarian kawasan Trowulan serta pusaka Indonesia secara menyeluruh.

UPDATE: MENANG!

Badan Pelestarian Pusaka Indonesia (BPPI) bersama Jaringan Pelestarian Majapahit (JPM) mengucapkan terima kasih untuk 10.314 (sepuluh ribu tiga ratus empat belas) penandatangan petisi #SaveTrowulan dichange.org/saveTrowulan.

Sebuah dukungan luar biasa bagi perjuangan masyarakat untuk menyelamatkan kawasan Trowulan dengan menolak rencana pembangunan pabrik baja di Trowulan serta mendorong pemerintah segera menetapkan status cagar budaya bagi kawasanTrowulan.

Penandatangan petisi tidak hanya dari Indonesia namun dari manca negara, apalagi setelah BPPI mengajukan nominasi Trowulan ke World Monuments Fund (WMF) yang berhasil mendapat pernyataan resmi WMF pada 8 Oktober 2013 bahwa Trowulan masuk ke dalam 2014 World Monuments Watch sebagai situs pusaka yang perlu mendapat perhatian karena terancam kehancuran.

Berbekal tandatangan petisi ini kami menemui Bupati Mojokerto dan Gubernur Jawa Timur pada Jumat, 18 Oktober 2013. Rombongan BPPI terdiri dari Hashim Djojohadikusumo (Ketua Dewan Penyantun), Heri Akhmadi (Dewan Penyantun yang juga anggota DPR RI), Luluk Sumiarso (Ketua Dewan Pimpinan), Catrini P. Kubontubuh (Wakil Ketua Dewan Pimpinan), Dwi Cahyono (Anggota Dewan Pimpinan) serta Adrian Perkasa (Direktur Eksekutif).

Mustofa Kemal Pasha-Bupati Mojokerto menyatakan akan menghentikan pembangunan pabrik bajadengan komitmen sebagai berikut:

1.  Tidak mengeluarkan ijin-ijin berikutnya yang diperlukan untuk melengkapi persyaratan pendirian pabik baja yang belum dikeluarkan saat ini.

2. Merelokasi pabrik baja ke luar kawasan Trowulan serta menganggarkan untuk membeli dan mengganti rugi tanah lokasi pabrik baja saat ini.

3. Berupaya menjaga situasi yang kondusif bagi warga sekitar.

Sementara H. Soekarwo - Gubernur Jawa Timur memberikan dukungan dengan menyerukan Bupati Mojokerto untuk menghentikan pembangunan pabrik baja.

Sekali lagi terimakasih atas partisipasi dukungan teman-teman semua. Mari kita lanjutkan dengan mengawal komitmen aparat terkait di atas, dan mari kita mulai bersama pelestarian kawasan Trowulan serta pusaka Indonesia secara menyeluruh.

Salam lestari,

Atas nama BPPI & JPM,

 

Catrini P. Kubontubuh & Adrian Perkasa

 

Trowulan adalah situs kota Majapahit. Pusaka masa kerajaan Majapahit. Sejak tercatat dalam karya Thomas Stamford Raffles, The History of Java, tak hanya masyarakat Jawa dan Bali yang memiliki keterikatan dengan leluhur masa itu, tapi juga masyarakat dunia.

<Englsh version below>

Jika saat ini melihat situs kota pusaka itu, sulit rasanya percaya kebesaran kerajaan ini atau cerita kemegahan istananya dari sumber–sumber Jawa Kuna, Cina, dan Eropa. Nyaris tak berbekas. Kerusakan dan pengrusakan terus terjadi di situ. Sampai hari ini.

Bahkan kini tengah dirancang pendirian pabrik baja PT Manunggal Sentral Baja, persis di kawasan situs Majapahit di Jalan Raya Mojokerto - Jombang, Trowulan, Mojokerto.

Tapi belum terlambat jika kita bergerak. Bantu kami ya menandatangani dan menyebar petisi ini, agar Trowulan ditetapkan sebagai Kawasan Cagar Budaya dan tidak hancur karena pendirian pabrik baja.

Bagaimana pun, ada harapan besar bahwa pusaka-nya masih bisa ditemukan. Seperti pusaka kerajaan di Asia Tenggara era kerajaan Majapahit: dari kerajaan Ayutthaya di Thailand sampai kerajaan Khmer di Kamboja. Kebesarannya masih terasa saat kita mendatangi situs (ibu) kota-nya.

Kebesaran kerajaan ini ikut menginspirasi pendiri bangsa Indonesia. Muhammad Yamin yang berasal Sumatera, adalah penganjur paling terkemuka tentang pentingnya rasa kebangsaan yang merujuk pada warisan kejayaan masa lalu: kebesaran Majapahit.

Rasa kebangsaan mendapat suntikan pemikiran besar bahwa pernah di suatu masa, kekuasaan bangsanya meliputi wilayah yang luas, melampaui batas wilayah Hindia Belanda.

Sekali lagi, bantu ya sebar petisi ini agar terkumpul banyak suara penyelamatan situs bersejarah ini. Desak Bupati Mojokerto, Kepala BPCB dan  Gubernur Jatim, juga untuk membatalkan rencana pendirian pabrik baja di atas kawasan itu.

Kawasan Pusaka Majapahit tidak hanya berkaitan dengan temuan arkeologis, tapi juga penerapan tata ruang yang memperhatikan keharmonisan pusaka dalam rencana tata kawasan, langgam arsitektur, kelestarian lingkungan, kegiatan budaya yang berkualitas, dan berbagai aspek sebagaimana layaknya Kota Pusaka. Jadi, rasanya keliru besar jika tiba-tiba sebuah pabrik baja akan didirikan di atas kawasan ini.

Terima kasih! #saveTrowulan

===================================================================

 

Trowulan, located in East Java is an important heritage site of the Majapahit Kingdom. After being cited in Thomas Stamford Raffles’ “The History of Java” Trowulan received more attention not only from citizens of Java and Bali but also citizens of the world.

Looking at the site now, it is hard to imagine the past glory of the Majapahit kingdom, tales of luxury and grandeur from various sources: Javanese, Chinese, and European records. Traces of the once grand kingdom of Majapahit are constantly being destroyed. 

Now construction of a steel plant owned by PT Manunggal Central Baja in Trowulan risk further endangerment of the Majapahit heritage site.

But, It’s not too late if we involve ourselves in the movement. Help the movement by signing and spreading this petition to urge government officials to recognize Trowulan as a heritage area to stop the construction of the steel plant.

The Majapahit heritage site does more than just give us archaeological findings. More attention should be given to the application of spatial harmony in the regional planning, architectural style, environmental sustainability, cultural activities, and various other aspects that apply to a city of heritage.

There are high hopes that pieces of the Majapahit heritage can still be found and preserved. We hope that it can at least be compared with other heritage sites in South East Asia kingdoms that existed in the same era as the Majapahit kingdom, Kingdoms such as the Ayutthaya kingdom in Thailand, and the Khmer kingdom in Cambodia.

 

Once again, please help us by signing and spreading this petition, by doing so, many voices and support from all over the world can come together to rescue this important heritage site.

Thank you! #saveTrowulan

Recent signatures

    News

    1. Reached 10,000 signatures
    2. Perkembangan Pendukung Petisi Online

      Kawans terimakasih banyak atas dukungannya sehingga saat ini jumlah pendukung petisi telah mencapai lebih dari 500 tandatangan.. mohon bantuannya untuk terus mendukung dan menyebarkan petisi ini sampai tujuan kita tercapai.
      Jumat tanggal 20 September 2013, kawan-kawan Badan Pelestarian Pusaka Indonesia akan berkunjung ke Trowulan kembali untuk menemui masyarakat dan para pegiat pelestari pusaka setempat.

    3. Reached 500 signatures

    Supporters

    Reasons for signing

    • Fajar Muhammad Hasan BOGOR, INDONESIA
      • 5 months ago

      Sebaiknya perlindungan terhadap warisan pendahulu kita diperhatikan. kita ada karena sejarah dan orang2 yang terlebih dulu ada. kita ada karena menjaga kepentingan generasi yang akan datang

      REPORT THIS COMMENT:
    • Supriyadi Pri MOJOKERTO, INDONESIA
      • 7 months ago

      karena aku adalah sang gajah mada....puas...puas...puas ( jare mr tukul )

      REPORT THIS COMMENT:
    • jalu lambang SURABAYA, INDONESIA
      • 8 months ago

      sejarah adalah identitas bangsa makadari itu jangan usik situs trowulan walau hanya secuil. ada Mojopahit ada sotasoma ada bhinneka tungal ika ada prapanca ada negarakertagama ada gajah mada ada Nusantara ada sang saka merah putih ada Indonesia raya semuanya terkait di trowulan kalau hilang hilanglah sejarah bangsa ini

      REPORT THIS COMMENT:
    • Soelyono MM BEKASI, INDONESIA
      • 9 months ago

      Situs Trowulan adalah untuk mengenang kebesaran Majapahit yang dipercayai sebagai cikal bakal Nusantara yang kita diami bersama. Semoga situs ini dapat dieksplor lebih lanjut sebagai bukti sejarah yang dapat dinikmati oleh seluruh masyarakat domestik dan masyarakat dunia. Selamat ya.....kita semua ikut berbahagia...

      REPORT THIS COMMENT:
    • Djoko Roemantio T. DURI, INDONESIA
      • 9 months ago

      (1) Kaburkan sejarahnya (2) Hancurkan bukti-bukti sejarah hingga tidak bisa lagi diteliti dan dibuktikan kebenarannya (3) Putuskan hubungan mereka dengan leluhur ... adalah cara melemahkan dan menjajah suatu bangsa. (Architects of Deception - Secret History of Freemasonry by Juri Lina)

      REPORT THIS COMMENT:

    Develop your own tools to win.

    Use the Change.org API to develop your own organizing tools. Find out how to get started.