Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo: Tindak pengusaha yang merekayasa penangguhan upah
  • Petitioned Joko Widodo

This petition was delivered to:

Gubernur DKI Jakarta
Joko Widodo

Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo: Tindak pengusaha yang merekayasa penangguhan upah

    1. Petition by

      Perempuan Mahardhika

Karena keputusan Menaker atas penangguhan upah rugikan buruh perempuan!

Aksi Buruh-buruh perempuan KBN Cakung, yang tergabung dalam Forum Buruh Lintas Pabrik (FBLP) melawan penangguhan upah, direpresi oleh aparat kepolisian dan preman di Kawasan Berikat Nusantara (KBN) Cakung pada tanggal 1 Maret 2013. Banyak kawan-kawan perempuan mengalami luka-luka. Perundingan yang dijanjikan antara buruh dan forum HRD-Club ternyata bohong.

KBN cakung adalah kawasan industri yang sudah berumur 27 tahun berstatus BUMN. Terdapat sekitar 100 pabrik garmen, dengan sekitar 100 ribu buruh, dan 90% lebih adalah buruh perempuan. Segala rupa aturan ketenagakerjaan tidak berlaku di KBN Cakung (sudah pasti demi kemudahan investasi). Sehingga mayoritas buruh masih berstatus kontrak (walau kerja belasan tahun), upah hanya UMP, praktek massal lembur paksa tak dibayar (skorsing), kebebasan berserikat minim, keguguran tanpa cuti, PHK ngawur, THR dilanggar, pelecehan seksual, termasuk WC kurang air, dll.

Seperti yang telah kita ketahui, keputusan menteri (Kepmen) No : 231 /Men/2003 Tentang Tata Cara Penangguhan Pelaksanaan Upah Minimum dan Surat edaran No. 248/Men/ PHIJSK-PJS/XII/2012 yang ditujukan kepada 33 Gubernur terkait penangguhan upah telah merugikan sebagian besar BURUH PEREMPUAN yang mendominasi sektor padat karya seperti garmen, tekstil, alas kaki, dan industri mainan yang menjadi sasaran empuk pemilik modal dan pemerintah dalam menangguhkan upah. Hingga saat ini dilaporkan setidaknya 20.000 buruh perempuan di KBN Cakung mengalami penangguhan upah, apalagi tanpa mekanisme yang telah ditetapkan Kemenakertrans.

Rangkaian aksi telah dilakukan Forum Buruh Lintas Pabrik bersama berbagai elemen buruh di KBN Cakung untuk menolak penangguhan upah sejak keputusan menteri dikeluarkan. Ancaman preman, pengintaian, intimidasi, PHK, dll adalah makanan sehari-hari yang menghadang perjuangan para buruh perempuan.

Perjuangan menolak penangguhan upah ini bukan saja perjuangan buruh-buruh di KBN melainkan seluruh buruh sektor padat karya Garmen, Tekstil, Alas Kaki dan Mainan yang mayoritas di dominasi oleh buruh perempuan. Oleh karena itu penangguhan upah sangat merugikan buruh perempuan, karena ditujukan untuk semakin melemahkan posisi dan hak buruh-buruh perempuan yang, berbeda dengan buruh laki-laki, pekerjaannya dianggap rendah keterampilan, serta dianggap hanya sebagai pekerja tambahan bagi ekonomi keluarga.

Ketika buruh-buruh perempuan tersebut bangkit melawan dengan pemogokan, barisan aparat keamanan dan preman terorganisir bayaran perusahaan sudah siap menghadang. Itulah yang dihadapi lebih dari seribu buruh perempuan yang melakukan mogok di KBN Cakung tanggal 1 Maret 2013. Itulah juga yang terjadi pada berbagai protes kaum buruh di Bekasi dan kota-kota industri lainnya di tanah air yang bergerak menolak penangguhan upah.

Tapi aksi tidak berhenti. Selama hak tak diberi, perlawanan adalah harga mati!

Link berita: 

http://www.baratamedia.com/read/2013/03/02/11023/buruh-perempuan-turun-ke-jalan
http://www.tribunnews.com/2013/03/02/buruh-perempuan-desak-jokowi-tolak-penangguhan-upah
 

http://foto.okezone.com/view/8866/tolak-penangguhan-upah-buruh  

http://www.metrotvnews.com/metronews/read/2013/03/02/5/135201/Buruh-Unjuk-Rasa-di-Bundaran-HI-Tolak-Penangguhan-Upah  

http://www.rmol.co/read/2013/02/17/98685/TOLAK-PENANGGUHAN-UPAH- 

http://www.antaranews.com/foto/40829/tolak-penangguhan-upah 

http://lipsus.kompas.com/topikpilihanlist/2133/1/100.hari.jokowi-basuki/read/xml/2013/02/16/11421983/Tak.Ada.Jokowi-Basuki.Buruh.Wanita.Demo.Balaikota 

Lampiran Kronologi:

• Jum’at, pada tanggal 01 Maret 2013, kami dari basis FBLP-PPBI PT HANSOLL INDO mengadakan aksi unjuk rasa di depan PT. HANSOLL INDO.

• Aksi ini dimulai dari jam 07.45 WIB s/d 18.00. Semula aksi berjalan dengan tertib dan damai, meskipun banyak pereman yang menjaga area pabrik.

• Kemudian kami menuju Kawasan Berikat Nusantara tepatnya di depan RESTO MEKAR WANGI dimana perundingan akan diselenggarakan.

• Sebelum masuk untuk berunding, kami dihadang oleh sekelompok preman-preman bayaran PT HANSOLL INDO II, yang mengira kami akan melakukan aksi sweeping pabrik. Padahal tujuan kami hanya kampanye dan mengawal jalannya perundingan yang ditawarkan oleh pihak KAPOLSEK Cilincing, HRD CLUB, dan perwakilan serikat buruh pada jam 14.00 WIB s/d 16.00.

• Setelah selesai perundingan kami mengadakan diskusi bersama massa aksi. Ssetelah itu kami berencana membubarkan aksi.

• Tetapi setelah kami menuju pintu gerbang KBN, jalan di depan kami di tutup oleh barisan polisi dan mobil polisi. Kami tidak bisa keluar. Dan akhirnya kami memutuskan untuk kembali masuk ke dalam kawasan.

• Disinilah terjadi insiden kecil. Barisan massa aksi bentrok dengan barisan kepolisian. Di situlah terjadi dorong-dorongan paksa yang dilakukan oleh kepolisian terhadap anggota FBLP-PPBI PT. HANSOLL INDO.

• Beberapa orang peserta aksi perempuan dipukuli polisi yang menghadang kami. Sekitar 5 polisi melakukan pemukulan yang dikenal namanya oleh 5 orang korban.
• Diantara nama polisi yang melakukan pemukulan itu adalah:
1 : Pradipta
2 : Senen
3 : Prayadi
4 :Aminudin
5 : Tanpa nama

• Beberapa perangkat aksi mencoba bernegosiasi dengan Kasat Polisi Bapak

Nahrowi untuk segera menyelesaikannya di tempat kejadian. Lalu kemudian Bapak Nahrowi memberikan ijin kepada kami untuk memanggil semua polisi pelaku pemukulan terhadap massa kami. Tetapi Kasatpol dan semua polisi itu ternyata tidak punya itikad baik untuk segera menyelesaikan kejadian pemukulan itu. Akhirnya kami memutuskan untuk melaporkan kejadian ini, kemudian kami membubarkan aksi dan menyusun rencana selanjutnya.

Jakarta 01 Maret 2013.

Recent signatures

    News

    1. Reached 50 signatures

    Supporters

    Reasons for signing

    • Agung Nugroho INDONESIA
      • 12 months ago

      Buruh Layak Hidup Sejahtera !

      REPORT THIS COMMENT:
    • adon adon JAKARTA, INDONESIA
      • 12 months ago

      karena perjuangan butuh spirit dari kawan seperjuangan

      REPORT THIS COMMENT:
    • rizki nurhaini INDONESIA
      • over 1 year ago

      tangguhkan saja upah gubenur, bupati,dprd dan birokrat lain yang gak jelas kerjanya...bikin kebijakan kok merugikan rakyat melulu

      REPORT THIS COMMENT:
    • Andika Ponta SUMEDANG, INDONESIA
      • over 1 year ago

      PENANGGUHAN UPAH DI JABAR PALING BANYAK Se-Indonesia:

      1. Jawa Timur 89 Perusahaan yang mengajukan Penangguhan, hanya 20 Perusahaan yang di setujui

      2. DKI Jakarta 300 Perusahaan yang mengajukan, disetujui 46 Perusahaan.

      3. Jawa Barat 294 Perusahaan yang mengajukan, Disetujui 257 Perusahaan.

      AHER Layak mendapat Rekor MURI: MENYETUJUI Penangguhan UMK sebanyak 257 perusahaan atau sekitar hampir 85% dari total Pengaju. Terlihat Sangat TIDAK BERPIHAK kepada BURUH.

      REPORT THIS COMMENT:
    • Vira Dewi BOGOR, INDONESIA
      • over 1 year ago

      We need leader who pro (good) civil society!

      REPORT THIS COMMENT:

    Develop your own tools to win.

    Use the Change.org API to develop your own organizing tools. Find out how to get started.