@TRANSTV_CORP: Segera Hentikan Penayangan YKS
  • Petitioned TransTV

This petition was delivered to:

Jl. Kapten P. Tendean Kav 12-14 A Jakarta 12790
TransTV
Ketua Komisi Penyiaran Indonesia Pusat
Judhariksawan
Direktur Trans TV
Atiek Nur Wahyuni
Pemilik
Chairul Tanjung

@TRANSTV_CORP: Segera Hentikan Penayangan YKS

    1. Rifqi Alfian
    2. Petition by

      Rifqi Alfian

      Gresik, Indonesia

  1.  
  2.   

Sudah menjadi keresahan kita semua melihat tayangan di layar kaca kita penuh dengan tayangan tidak mendidik. Tayangan-tayangan di televisi pun bukannya semakin baik malah justru semakin rusak dengan tayangan-tayangan terbarunya. Mungkin awalnya kita kesal dengan sinetron-sinetron yang tidak mendidik, lalu muncul acara baru yang lebih merusak seperti acara musik pagi di beberapa stasiun tv yang membodohkan dengan host-host yang mengeluarkan kata-kata kasar, vulgar, bahkan sumpah serapah.

Puncaknya (tak terbayang kalau ini bukan puncaknya) adalah acara komedi yang sangat tidak berkualitas dengan kata-kata kasar, menyiksa orang (entah itu main tebak-tebakan dengan kaki dimasukkan air es atau menyumpal tepung ke mulut lawan), sampai dengan goyangan tidak jelas yang dilaksanakan full 1 jam dan tidak berubah selama beberapa bulan terakhir, apalagi goyangannya memakai latar musik yang liriknya vulgar serta mengarah ke gerakan vulgar pula. Bukannya dihentikan, stasiun televisi lain malah membuat acara yang sama persis. Tidak hanya itu, acara-acara tersebut ditayangkan di waktu primetime dan tentu saja ini sangat mengganggu dan tidak baik untuk anak-anak yang masih terjaga pada jam tersebut. Hal ini bukan isapan jempol belaka, dampak akan acara ini telah terbukti menjangkit anak-anak. Anda bisa membacanya sendiri di http://t.co/1EFEI3qZj1.

Oleh karena itu, kami disini memohon dukungannya untuk menghentikan acara YKS TransTV. Ini adalah langkah awal untuk bersama-sama memperbaiki tayangan televisi Indonesia. Tidak hanya berhenti dengan petisi ini, ini hanya awal dimana kita semua akan mendukung dihentikannya satu acara televisi perusak moral ini. Anda dimohon untuk turut serta menghentikan YKS TransTV dengan menyampaikan keluhan ke Komisi Penyiaran Indonesia di kpi.go.id/index.php/pengaduan, call center 021-6340626, atau sms ke 081213070000. Bahkan tidak hanya YKS, disana Anda diharapkan untuk menyampaikan keluhan Anda terhadap acara-acara yang tidak mendidik lain. Terima kasih atas perhatian dan dukungannya untuk #hentikanYKS.  

To:
TransTV, Jl. Kapten P. Tendean Kav 12-14 A Jakarta 12790
Judhariksawan, Ketua Komisi Penyiaran Indonesia Pusat
Atiek Nur Wahyuni, Direktur Trans TV
Chairul Tanjung, Pemilik
Segera Hentikan Penayangan acara Yuk Keep Smile (YKS) di TransTV.

Sincerely,
[Your name]

Recent signatures

    News

    1. YKS Berulah Kembali! #hentikanYKS

      Rifqi Alfian
      Petition Organizer

      http://www.youtube.com/watch?v=htM_Zk4aJDc

      Setelah gerakan #hentikanYKS berhasil membuat YKS mendapatkan teguran, ternyata hal ini tidak cukup ampuh untuk meredam YKS. Alih-alih membaik, YKS justru makin beringas dan sudah hilang kendali.

      Tidak cukup dengan merusak moral bangsa, YKS melakukan penghinaan kepada seniman betawi alm. Benyamin Sueb. Hal ini dilakukan saat episode Jumat, 20 Juni 2014. Mengutip okezone.com, Ferdians sang penghipnotis mengatakan,"Sar, sekarang bayangin di depan lu ada Benyamin. Sekarang bayangin di depan lu ada anjing lucunya sama kayak Benyamin. Kapan pun lu liat anjing rasanya lucu kayak gini lihat Benyamin."

      Hal ini tentu menyinggung keluarga, penggemar, serta budayawan Betawi. Sebab nama besar Benyamin Sueb sudah begitu melekat pada budaya Betawi. "Ini penghinaan yang luar biasa, ini kejahatan social media di dunia broadcast," kata putra ketiga Benyamin, Biem Benyamin dikutip dari Kompas.com.

      Hingga saat ini, pihak keluarga dan penggemar telah melakukan aksi ke TransTV pada hari Selasa, 24 Juni 2014. Dari pertemuan tersebut, pihak keluarga Benyamin dan penggemar Benyamin mengaku tak mendapat hasil yang memuaskan.

      "Hasilnya enggak ada, nol. Kami disambut dengan rombongan Trans yang tidak menunjukkan iktikad baik. Ini bukan sekali dua kali, tapi berkali-kali. Ini terjadi penghinaan berkali-kali, tapi tidak ada tindakan punishment terhadap orang-orang yang terlibat di YKS. Artinya, hanya ada pembicaraan dan itu akan terus berulang," ujar sejarawan dan pemerhati budaya Betawi, JJ Rizal.

      Oleh karena itu mari dukung dan kobarkan lagi semangat untuk #hentikanYKS. Sebarkan petisi ini dan buat aduan ke kpi.go.id. Kasus ini membuktikan bahwa begitu besarnya efek dari rusaknya YKS. Bahwa YKS tidak cukup hanya dengan peringatan, tetapi juga harus dihentikan. Karena jika kasus ini dibiarkan, maka akan terus terjadi pengulangan dan tidak akan jera para perusak moral ini.

      Salam #hentikanYKS

    2. YKS Menghina Almarhum Benyamin Sueb

      Rifqi Alfian
      Petition Organizer

      JAKARTA, KOMPAS.com — Selasa (24/6/2014) siang, pihak keluarga seniman legendaris Betawi, almarhum Benyamin Sueb, bersama ratusan orang lagi yang bergabung dalam Benyamin Sueb Fans Club (BSFC) dan Komunitas Pecinta Benyamin Sueb (KPBS), serta pihak Bens Radio, berunjuk rasa terhadap pihak TransTV , yang berkantor dan berstudio di Jalan Kapten Tendean, Jakarta Selatan. Mereka memprotes isi Yuk Keep Smile (YKS) episode Jumat, 20 Juni 2014. Menurut mereka, acara komedi yang ditayangkan langsung oleh stasiun televisi tersebut memuat aksi yang menghina pemilik nama panggilan Bang Ben tersebut.

      Dalam episode itu, untuk menghilangkan rasa takut Caisar Putra Aditya pada anjing, hypnotherapist Ferdian Setiawan Setiadi menghipnosis bintang YKS tersebut. Caisar disugesti untuk melihat anjing sebagai hewan yang lucu seperti Benyamin.

      "Ini penghinaan yang luar biasa, ini kejahatan social media di dunia broadcast," kata putra ketiga Benyamin, Biem Benyamin, sesudah mengadakan pertemuan dengan pihak TransTV.

      "Suka enggak suka, saya minta agar ditindak tegas," tekan Biem.

      Dari pertemuan tersebut, pihak keluarga Benyamin dan penggemar Benyamin mengaku tak mendapat hasil yang memuaskan.

      "Hasilnya enggak ada, nol. Kami disambut dengan rombongan Trans yang tidak menunjukkan iktikad baik. Ini bukan sekali dua kali, tapi berkali-kali. Ini terjadi penghinaan berkali-kali, tapi tidak ada tindakan punishment terhadap orang-orang yang terlibat di YKS. Artinya, hanya ada pembicaraan dan itu akan terus berulang," ujar seorang warga Betawi yang juga penggemar Benyamin, JJ Rizal.

      "Benyamin itu hanya pintu masuknya aja. Berkali-kali ada pelecehan dan penganiayaan di acara YKS," lanjut Rizal.

      Menurut Biem, bukan sekali ini saja Benyamin dilecehkan dalam lawakan YKS.

      "Kami wakili ke dalam, sampaikan sikap kami ke Trans. Sebenarnya, yang disampaikan JJ Rizal ini sudah titik puncaknya. Ini sudah berkali-kali. Almarhum itu dulu diibaratkan ular, sekarang dengan binatang anjing," ujar Biem.

      Lawakan YKS pun dinilai tidak mendidik oleh Biem.

      "Kita lihat ini tidak etis dan tidak mendidik sekali," kata Biem.

      Karena itu, pihak keluarga dan penggemar Benyamin akan mengupayakan langkah hukum.

      "Kami juga akan tindak lanjuti, juga secara jalur hukum, secara perdata dan pidana. Kami sampaikan ke KPI (Komisi Penyiaran Indonesia) dan Menkominfo supaya ditutup dan tidak dapat izin. Karena, kalau publik tersakiti, kami bisa minta supaya distop. Ini pelajaran untuk Trans, karena sangat tidak mendidik," ujar Biem (Kompas.com)

    3. Reached 40,000 signatures
    4. Ayo Ikut Bergerak!

      Rifqi Alfian
      Petition Organizer

      Jangan sampai #hentikanYKS hanya menjadi semangat sementara, ayo mulai saat ini kritis dengan tontonan kita. Saatnya bergerak untuk tontonan yang lebih baik. Anda bisa membuat petisi seperti #hentikanYKS atau mendukung petisi-petisi yang telah ada mengenai siaran televisi seperti http://www.change.org/id/petisi/kpi-bekerjalah-hukumlah-stasiun-tv-pengabdi-partai-politik. Selain itu berikan laporan-laporan ke aduan di KPI dan sebisa mungkin sertai argumen dan bukti-bukti yang relevan untuk membantu KPI menindak acara-acara yang dianggap kurang mendidik. Trims dan tetap #hentikanYKS

      KPI, Bekerjalah! Hukumlah Stasiun TV Pengabdi Partai Politik!

      Menjelang Pemilu 2014, isi televisi kita disesaki wajah-wajah pemburu kekuasaan. Dalam siaran bernada kampanye politik tersebut, mereka tampil dalam...

    5. Jaga Semangat Kita!

      Rifqi Alfian
      Petition Organizer

      Teman-teman,

      Luar biasa untuk kita semua, saat ini sudah 35.392 pendukung petisi yang turut serta Anda dukung ini.

      Tidak hanya itu berbagai media telah meliput petisi kita dan sudah mendapatkan perhatian dari berbagai kalangan. Berita terbaru adalah Komisi Penyiaran Indonesia (KPI) telah mengeluarkan peringatan tertulis terhadap YKS. Bisa dilihat di website KPI dan artikel ini.Harus diingat bahwa tujuan kita bukanlah menghentikan satu acara, tetapi lebih dari itu diharapkan ini menjadi awal bagi para konsumen pertelevisian Indonesia untuk lebih kritis.

      Namun, tentu ini semua tidak selesai dengan surat peringatan da
      Ada banyak petisi di change.org tentang pertelevisian Indonesia yang butuh dukungan Anda seperti

      Komisi Penyiaran Indonesia (KPI): Hentikan program acara Yuk Keep Smile Trans TV dan acara serupa yang tidak mendidik atau

      KPI, Bekerjalah! Hukumlah Stasiun TV Pengabdi Partai Politik!

    6. Reached 35,000 signatures
    7. Alhamdulillah ada dua media yang meliput petisi kita

      Rifqi Alfian
      Petition Organizer

      Sebelumnya kami mengucapkan terima kasih dengan antusiasme kita semua yang prihatin dengan tayangan di layar kaca kita yang semakin merusak. Keprihatinan kita ini mulai mendapatkan perhatian dengan diliputnya petisi ini oleh media online. Pertama oleh merdeka.com (http://www.merdeka.com/peristiwa/ratusan-orang-teken-petisi-hentikan-penayangan-yuk-keep-smile.html) dan yang kedua oleh jaringnews.com (http://jaringnews.com/politik-peristiwa/umum/53820/warga-gersik-daftarkan-petisi-mendesak-penghentian-penayangan-yks-di-transtv). Tentu saja ini belum cukup untuk bisa benar-benar #hentikanYKS, oleh karena ini ajak semakin banyak teman-teman Anda untuk mendukung petisi ini agar semakin banyak menarik perhatian khususnya pihak media. Selain itu sangat kami harapkan untuk ikut mengisi formulir aduan ke Komisi Penyiaran Indonesia (KPI) di http://kpi.go.id/index.php/pengaduan.
      Terima kasih atas perhatiannya dan tetap dukung untuk #hentikanYKS.

    8. Reached 1,000 signatures

    Supporters

    Reasons for signing

    • Nabhan Hero INDONESIA
      • 4 months ago

      Acaranya tidak bermanfaat

      REPORT THIS COMMENT:
    • Hendra SE INDONESIA
      • 4 months ago

      Acara tidak mendidik dan tidak berkualitas... dan membosankan

      REPORT THIS COMMENT:
    • adz saputra PATI, INDONESIA
      • 4 months ago

      karena tidak bermoral deng tarian-tarian yang vulgar

      REPORT THIS COMMENT:
    • Rudy Fredrick INDONESIA
      • 4 months ago

      Hentikan Lawakan dengan melakukan Penghinaaan thdp Orang..

      REPORT THIS COMMENT:
    • Okyza Prabowo INDONESIA
      • 4 months ago

      Biasa aja

      REPORT THIS COMMENT:

    Develop your own tools to win.

    Use the Change.org API to develop your own organizing tools. Find out how to get started.