Selamatkan Pendidikan Indonesia dari Kemendikbud!
  • Petitioned Kemendikbud

This petition was delivered to:

Kemendikbud

Selamatkan Pendidikan Indonesia dari Kemendikbud!

    1. Petition by

      Pangeran Siahaan

      Indonesia

Dalam Indeks Kecakapan Berbahasa Inggris (English Proficiency) terbaru yang dirilis EF (English First), Indonesia menempati urutan 34 dari 44 dengan "kemampuan sangat rendah."

Dari 13 negara Asia yang bahasa ibunya bukan bahasa Inggris, Indonesia menempati urutan kesepuluh - di atas Vietnam, Thailand dan Kazakhstan.

Ini bukan rahasia. Selain golongan kelas menengah ke atas yang bisa melafalkan “Caramel Machiato” saat memesan kopi di Starbucks, Bahasa Inggris adalah sebuah kemewahan bagi banyak warga. Padahal, kebutuhan berbahasa Inggris hampir tidak bisa dihindari. 

Kebanyakan sumber informasi dan pengetahuan di internet berbahasa Inggris. Buku teks Universitas kebanyakan berbahasa Inggris. Bahasa Inggris diperlukan untuk jutaan TKI kita yang bekerja di luar negeri. Bahasa Inggris menjadi salah satu prasyarat penting untuk menghadapi globalisasi.  

Lalu solusi apa yang ditawarkan oleh Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan? Semester depan, hapus Bahasa Inggris dari sekolah dasar! Alasannya? Agar bahasa Indonesia mereka menjadi lebih baik. 

Saya sama sekali tidak anti berbahasa Indonesia. Bahkan terkadang saya setuju bahwa masih banyak penggunaan bahasa Indonesia yang belum benar. Tapi apakah alasannya karena diajarkannya Bahasa Inggris yang 3 jam pelajaran per minggu itu? Padahal 37 jam pelajaran sisanya diajarkan mengunakan Bahasa Indonesia. 

Lebih parah lagi, pelajaran seperti IPA dan IPS akan dimasukkan ke pelajaran Bahasa Indonesia? Rasa keingintahuan siswa SD akan manusia dan alam semakin dipertumpul. 

Masalah pendidikan di Indonesia, banyak. Tapi adanya pelajaran-pelajaran seperti Bahasa Inggris, IPA dan IPS bukanlah salah satunya

Ayo kita selamatkan Pendidikan Indonesia dari Kemendikbud!

Recent signatures

    Supporters


    Develop your own tools to win.

    Use the Change.org API to develop your own organizing tools. Find out how to get started.