Pemkot Semarang : Hidupkan Pusat Kesenian dan Kebudayaan Sobokartti
  • Petitioned Ganjar Pranowo

This petition was delivered to:

Gubernur Provinsi Jawa Tengah
Ganjar Pranowo
Walikota Semarang
Hendrar Prihadi
Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Jawa Tengah
Nurjanah, SH, MM

Pemkot Semarang : Hidupkan Pusat Kesenian dan Kebudayaan Sobokartti

    1. Febrilia Silitonga
    2. Petition by

      Febrilia Silitonga

      Semarang, Indonesia

Pada abad ke-20, Gedung Cagar Budaya Sobokartti rancangan Ir. Thomas Karsten dijadikan Pusat Kesenian dan Kebudayaan di Semarang. Disayangkan, keberadaannya saat ini mulai luput dari perhatian masyarakat.

 

Cagar Budaya Sobokartti masih aktif digunakan untuk pelatihan tari, pedhalangan dan karawitan bagi anak muda. Jumlah anak muda di Sobokartti paling banyak dibandingkan sanggar lain. Namun fasilitas yang dimiliki sangat kurang memadai. Kendalanya Gedung Cagar Budaya Sobokartti selalu kebanjiran jika hujan deras. Balai Pelestarian Peninggalan Purbakala Jateng hanya membangunkan pendopo di halaman Sobokartti agar kegiatan kebudayaan dapat dilangsungkan di musim hujan. Belum ada upaya untuk menanggulangi banjir di dalam Gedung Sobokartti.

Genap 4 tahun, terhitung dari 2009 pengurus memperjuangkan hal ini dengan harapan ada solusi yang lebih baik dari pemerintah.

Dalam wawancara, Bpk. Sunarno selaku pengurus mengatakan bahwa Gedung Cagar Budaya Sobokartti pernah ditawar 15 miliar oleh asing. Beruntung, gedung tersebut tidak dijual. Beliau juga mengungkapkan kekecewaannya “Kalau ada pagelaran seni dan budaya, Sobokartti tidak pernah dilibatkan. Dhalang yang dipakai juga yang sudah tinggi bayarannya. Padahal dhalang Sobokartti tidak kalah profesional.”

Sobokartti selayaknya dihidupkan kembali menjadi Pusat Kesenian dan Kebudayaan di Jawa Tengah. Gubernur Provinsi Jawa Tengah dan Walikota Semarang sebagai tim ahli yang dulu menetapkan Sobokartti sebagai Cagar Budaya, kiranya mengupayakan pemugaran untuk menanggulangi banjir di dalam gedung. Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Semarang  harus lebih memperhatikan para seniman Jawa yang kini mulai terlupakan. Untuk menghidupkan Sobokartti sebagai Pusat Kesenian dan Kebudayaan, tambahkan program wisata budaya di Sobokartti.

"Setiap orang berperan dalam menjaga kelestarian Cagar Budaya"

KENALI, CINTAI & LESTARIKAN BUDAYA BANGSA

Petisi ini didukung oleh :

1. Bpk. Tjahjono Rahardjo selaku Ketua Sobokartti

2. Bpk. Sunarno selaku Pengurus Sobokartti

3. Bpk. Mustofa selaku Jurpel Sobokartti

4. Tim Tari Sobokartti

5. Tim Pedhalangan Sobokartti

6. Pemuda/i Sobokartti

"Petisi ini merupakan bagian dari proses seleksi tahap 2 sebagai perwakilan Provinsi Jawa Tengah di Parlemen Muda Indonesia 2014."

To:
Ganjar Pranowo, Gubernur Provinsi Jawa Tengah
Hendrar Prihadi, Walikota Semarang
Nurjanah, SH, MM, Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Jawa Tengah
Sempatkanlah 5 menit untuk mendalami isi petisi ini. Semoga Anda tergerak hati mewujudkan harapan kami, warga Semarang.

Sincerely,
[Your name]

Recent signatures

    News

    1. Reached 250 signatures
    2. Apresiasi

      Febrilia Silitonga
      Petition Organizer

      Terimakasih untuk dukungan teman-teman dan juga tim saya Oxi, Zulfa, Irma dan Reza. Perjuangan menuju seleksi tahap 3 tinggal 13 hari lagi. Saya berharap dalam waktu yang singkat ini semakin banyak dukungan yang masuk dan menuai respon dari Pemkot Semarang.
      Perjuangan kita belum selesai...
      "KENALI, CINTAI & LESTARIKAN BUDAYA BANGSA"

    3. Reached 200 signatures

    Supporters

    Reasons for signing

    • ahmad munawir INDONESIA
      • 12 months ago

      kebangkitan budaya timur merupakan alternatif utama upaya counter hegemoni dari kepentingan barat

      REPORT THIS COMMENT:
    • didha reidha INDONESIA
      • 12 months ago

      petisi seperti ini sangat penting karena dengan adanya kepedulian terhadap sebuah kebudayaan maka dengan begitu juga akan terlahir manusia manusia yang hidup dengan penuh keindahan, dengan adanya budaya yang harus dilestarikan, akan membawa kehidupan menjadi lebih beragam dan khusus nya melatih anak muda untuk lebih menghargai dan mencintai apa saja yang telah orang lain berikan untuk kehidupan kita di masa depan :D

      REPORT THIS COMMENT:
    • Mita Devi Ayu INDONESIA
      • 12 months ago

      Membangun lebih mudah daripada mempertahankan, Sobokarti sudah menjadi benda cagar budaya, sudah wajib hukumnya untuk kita pertahankan, sebagai warisan bagi generasi mendatang, supaya kelak mereka tidak lupa akan jati diri kita, budaya Jawa.

      REPORT THIS COMMENT:
    • John Tarjo SEMARANG, INDONESIA
      • 12 months ago

      Budaya daerah adalah salah satu bagian dari budaya bangsa.. jangan sampai hilang dari asalnya. kita sebagai generasi saat ini saja terancam tidak dapat menikmatinya lagi, jangan sampai generasi mendatang ada yang hanya sekedar tau dan muncul statement "ohh.. pernah ada yaa.. yaa.. yaa" atau bagian terburuknya benar-benar hilang dan terlupakan.

      budaya dan seni adalah aset, orang dapat mengenal Jawa Tengah dari budaya dan seninya. Keuntungan yang didapat juga dapat dirasakan seluruh golongan masyarakat mulai dari pendapatan pariwisata maupun "image" yang baik secara nasional maupun internasional. banyak contoh negara ataupun daerah yang maju karena budayanya.

      Cagar Budaya Sobokartti adalah salah satu wadah dimana warga masyarakat dapat berkarya dan mengeksplor kemampuannya di bidang seni. wadah yang sudah "sangat langka" ini jangan sampai hilang dan jangan menunggu sampai budaya dan seni Jawa Tengah ini benar-benar punah..

      petisi ini sangat menampar dan mengingatkan saya secara pribadi tentang pentingnya budaya..

      Semoga kepada yang berwenang di Pemerintahan daerah Jawa Tengah juga tergerak hati dan nuraninya..

      ini adalah masalah serius,

      semoga menjadi perhatian.. salam.

      REPORT THIS COMMENT:
    • Oxi Yondi SEMARANG, INDONESIA
      • 12 months ago

      petisi ini tidak hanya memperjuangkan masa depan budaya kita secara fisik, tetapi berdampak langsung terhadap masa depan anak-anak muda yang akan mempertahankan budaya kita di bidang seni... apa jadinya Jawa Tengah tanpa budaya dan seni? apakah mau kehilangan identitas? kalau KTP doank yg hilang, bisa dibuat lagi.. BUDAYA?

      masalah ini hanyalah sebagian "kecil" realita yang lama tenggelam dan sedang berusaha dimunculkan kembali ke permukaan..

      Pemerintah Daerah yang terhormat, tolong sisihkan waktu dan perhatian anda untuk melihat masalah ini lalu memberi solusi..

      saya yakin solusi untuk permasalahan memberi bantuan fasilitas ini tidak akan membuat APBD membengkak dan membuat PEMPROV jadi miskin mendadak..

      Cagar Budaya Sobokartti tidak bisa bertahan dan berjuang sendiri, tetapi juga butuh dukungan dari "wakil rakyat"..

      Tanpa mengurangi rasa hormat.. salam dan terima kasih..

      REPORT THIS COMMENT:

    Develop your own tools to win.

    Use the Change.org API to develop your own organizing tools. Find out how to get started.