Masyarakat miskin juga ingin sehat. Bupati Malang, aktifkan kembali Jamkesda!
  • Petitioned Bupati Malang Pak Rendra Kresna

This petition was delivered to:

Kabupaten Malang
Bupati Malang Pak Rendra Kresna

Masyarakat miskin juga ingin sehat. Bupati Malang, aktifkan kembali Jamkesda!

    1. Herman Aga
    2. Petition by

      Herman Aga

      Batu-Jawa Timur, Indonesia

Divonis gagal ginjal, Ilham Arrafi (19) tak bisa lagi sekolah. Ia harus bolak-balik cuci darah dengan layanan Jaminan Kesehatan Daerah (Jamkesda). Parahnya, layanan dihentikan RS Saiful Anwar (RSSA) Malang. Layanan akan dibuka kembali jika hutang dibayar oleh Bupati Malang.

Ilham hanya satu dari 68 warga miskin pasien gagal ginjal. Tanpa Jamkesda, cuci darah menelan biaya hingga 12,8 juta rupiah. Menunda cuci darah beresiko sangat besar. Bayangkan betapa terpukulnya mereka saat diberitahu layanan Jamkesda dihentikan 2 Juli lalu.

Jika pemerintah kabupaten Malang membayar hutang klaim Jamkesda sebesar 10 milliar, RSSA berjanji layanan Jamkesda dibuka kembali. Semakin cepat ini dilakukan, semakin cepat pula Ilham dan puluhan pasien gagal ginjal lainnya dapat kembali mendapatkan layanan kesehatan.

Paraf petisi ini untuk mendorong Bupati Malang untuk menyelesaikan hutang, sehingga puluhan pasien gagal ginjal mendapatkan kembali layanannya.

Untuk sementara ketua DPRD Kabupaten Malang mengalihkan pasien yang ditolak RSSA ke RS lain. Pasalnya, hanya RSSA yang memiliki fasilitas cukup memadai untuk cuci darah di Malang.

Dengan 1000 tandatangan, semoga Bupati Malang dapat tergerak untuk segera menyelesaikan hutang.

Dengan dukungan Anda, tidak hanya pasien gagal ginjal yang bisa ditolong tapi juga pasien pengguna Jamkesda lainnya.

Terima kasih!

Sumber gambar: http://finroll.com/baca/1676/apa-itu-cuci-darah-

Recent signatures

    News

    1. Reached 100 signatures

    Supporters

    Reasons for signing

    • allan scanius MALANG, INDONESIA
      • almost 2 years ago

      karena ini semua buat saudara kita yang mana mereka merasakan kesakitan yang amat parah. tolong pak bupati, selamatkan mereka!!!!!!!!!!! agar mereka bisa hidup kembali normal seperti biasanya!!!!!!!!!

      REPORT THIS COMMENT:
    • jonas Beremau BELU, INDONESIA
      • about 2 years ago

      Masalah kesehatan adalah hak dan kebutuhan dasar manusia yg sangat sering diabaikan oleh para pengelola uang rakyat. Hal terburuk adalah pengabaian terhadap hak-hak dasar manusia ini malah sering dijadikan komoditas kampanye PILKADA dan proposal utk mencari uang. Harus ada tekanan yang kuat, terukur dan terus menerus untuk merubah kebiasaan ini agar rakyat bisa menikmati haknya sebagai manusia.

      REPORT THIS COMMENT:
    • nela gratia BANDUNG, INDONESIA
      • about 2 years ago

      hak untuk mendapat layanan kesehatan adalah tanggung jawab negara. Seharusnya siapapun dipermudah untuk mengaksesnya. tugas pemerintah(dlm hal ini adalah bupati) adalah membantu menyalurkan, bukan dipakai sendiri. Semoga birokrasi pemakaian jamkesda di rumah sakit juga tidak usah terlalu rumit.

      REPORT THIS COMMENT:
    • yusak irawanto MALANG, INDONESIA
      • about 2 years ago

      kami mengalami nasib yang serupa, istri sudah menjalani cuci darah 2 kali seminggu, dengan sangat hati hati kami membangun motivasi semangat hidubnya, menjauhkan dari berita yang kurang sedap. emosional sensitif sekali, bahkan berita gembira sekalipun. janganlah di rusak daya upaya kami dengan kebijaksanaan yang kurang berpihak kepada kami, meski kami masih memperoleh pelayanan ini tapi berita ini sempat membuat kawatir akan kondisi pasien kami

      REPORT THIS COMMENT:
    • Miranty Lestari JAKARTA SELATAN, INDONESIA
      • about 2 years ago

      Masyarakat miskin dipelihara oleh negara. Dan sebagai bagian dari pemerintah, Bupati Malang harus mengaktifkan kembali Jamkesda!

      REPORT THIS COMMENT:

    Develop your own tools to win.

    Use the Change.org API to develop your own organizing tools. Find out how to get started.