• Petitioning Susilo Bambang Yudhoyono
  • Responded

This petition will be delivered to:

Presiden Republik Indonesia
Susilo Bambang Yudhoyono
Bupati Minahasa Utara
Sompie Singal
Gubernur Sulawesi Utara
Sinyo Harry Sarundajang
Menteri ESDM RI
Jero Wacik
Marine Program Director - Conservation International
Dr. Tiene Gunawan
Marine Program Director - WWF
Wawan Ridwan
Dr. Stacey Tighe
Maurice Knight
Tristam Perry
USAID
Alfred Nakatsuma
USAID
Harry Lipper
USAID
Katherine O Valdez
USAID
Renerio Acosta
Ditjen Pulau-Pulau Kecil KKP
Agus Dermawan
Operational Director WWF Indonesia
Nazir Foead
WWF Indonesia
Veda Santiadji
See response
USAID - RDM Asia/REO
Winston Bowman
WWF Indonesia
Lida Pet Soede
— — — — — — — — — — — — — — — — — — — — — — — — — — — — —

Gub. @Sarundajang2014 & Bupati Sompie Singal: Tolak tambang di pulau kecil. Selamatkan Pulau Bangka – Sulut!

    1. Kaka Slank
    2. Petition by

      Kaka Slank

      Jakarta, Indonesia

Kabar rencana tambang PT MMP di Pulau Bangka kudengar pada saat awal 2013 aku ke sana untuk ke-2 kalinya. Obrolan divers abis nyelem. Langsung loncat aku! I said NO WAY!!! Tidaaakkk !!!

(Click here for English version!)

'1st time ku ke Bangka Island waktu “diving trip” ku ke Manado. Rencananya diving di Bunaken, Manado Tua, Lembeh. Tapi temen bilang “Kamu harus pergi ke Pulau Bangka!” langsung mikir Bangka-Belitung ternyata deket aja dari Manado! ;) langsung menuju kesana! Itu Maret 2012

Sekarang sudah ke-4X-nya aku ke Bangka! Alamnya bagus, cantik, bawah laut-nya salah satu yang terbaik! soft coralnya bikin warna lautnya biru muda. Dan kecil banget! Sesuai peraturannya*, pulau yang dibawah 200.000 hektar ga boleh ditambangi. Dan pulau ini luasnya 4700 hektar! Jadi kalo bener jadi pertambangan PT MMP (Mikgro Metal Perdana) itu, udah jelas ilegal!

Gubernur Sulawesi Utara, Harry Sarundajang, selalu bilang kalo dia akan jadi gubernur hijau! Bupati Sompie Singal juga harus bertanggung jawab! Petisi ini aku buat untuk dorong mereka menyelamatkan pulau Bangka dan stop tambang itu. We have to save it!

Terakhir aku ke sana, lebaran. Muter ke kampung-kampung yang tadinya aku gak bakalan kebayang akan ke situ. Setelah ngobrol-ngobrol, subhanallah mereka udah ratusan, maybe ribuan taon kali tinggal di situ.

Hampir seratus persen penduduk melawan rencana penambangan. Mereka fight (semampunya) untuk jangan sampe ada penambangan di Pulau Bangka. Mereka tau betul lautnya bisa rusak berat, akhirnya penghidupan sebagai nelayan ya hancur. Dan penduduk juga tau tentang bentuk pulau itu, kalo sampe di tambang, bisa patah dan tenggelam.

# Rugi besar kalau penambangan datang ke pulau itu. # Ayo maju. Jangan takut. Jangan mundur. Ajak teman dukung petisi ini, tolak tambang PT MMP di Pulau Bangka!

Dari sisi environmental-nya: limbahnya akan banyak banget, dari sungai terus ke laut. Terumbu karang akan hancur, dan ikan akan hilang. 

Sisi sosialnya: Otomatis kalo ikannya hilang, mata pencaharian nelayan juga hilang! Belom lagi penduduk akan digusur, ntah kemana. Kita tau lah.. Seumur hidup tinggal di 1 tempat tiba-tiba pindah, harus cari kerjaan lagi, bangun kehidupan baru lagi.

Itulah kenapa penting banget kita support Pulau Bangka dan penduduknya. Sekarang sih Pulau Bangka, besok pulau-pulau yang lain, lama-lama habis semua alam kita! 

# Makasih ya untuk dukung #SaveBangkaIsland

Kaka “Slank”

 

—————————————————————————————————————

*Undang-undang terkait: 

— UU No. 27/2007 tentang Pengelolaan Wilayah Pesisir dan Pulau-Pulau Kecil. Menetapkan larangan aktivitas bisnis atas Pulau Bangka dan kesatuan ekosistem sekitarnya karena ia masuk kategori wilayah pulau-pulau kecil (di bawah 200.000 Ha).

— UU No. 24/2007 tentang Penanggulangan Bencana. Mewajibkan Bupati (Minahasa Utara) untuk membuat Analisa Resiko Bencana atas rencana pertambangan tersebut;

— UU No. 32/2009 tentang Perlindungan dan Pengelolaan Lingkungan Hidup. Mewajibkan Bupati (Minahasa Utara) untuk membuat Kajian Lingkungan Hidup Strategis (KLHS) Minahasa Utara sebagai landasan pemanfaatan ruang di wilayah kabupaten Minahasa Utara. Dokumen AMDAL harus jadi landasan pemberian izin usaha pertambangan dan menyampaikan ke publik secara resmi dan terbuka;

— UU No. 14/2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik. Mewajibkan Bupati (Minahasa Utara) untuk tidak menutup-nutupi informasi terkait kebijakan yang dikeluarkan terkait PT. Mikgro Metal Perdana.

—————————————————————————————————————

 

Kampanye Media Sosial #SaveBangkaIsland

Dukung juga kami melalui Facebook: www.facebook.com/groups/SaveBangkaIsland

Dukung juga kami melalui Google+www.gplus.to/SaveBangkaIsland

Ikuti juga kami melalui Twitterhttps://twitter.com/SaveBangka

Video lainnya: www.youtube.com/user/SaveBangka 
dan vimeo.com/SaveBangkaIsland

Adalah kampanye gabungan antara: Kaka SLANK, Greenpeace, Change.org, WALHI Friends of the Earth Indonesia, AMMALTA Aliansi Masyarakat Menolak Limbah Tambang, LMND Liga Mahasiswa Nasional untuk Demokrasi Sulut & Tunas Hijau.

Informasi lebih lanjut dan hubungi: dhenokpratiwi@gmail.com

Recent signatures

    News

    1. Perjuangkan Keindahan Bawah Laut Pulau Bangka, ‘Warga Italy’ Hampir Menangis di DPRD Minut

      Kaka Slank
      Petition Organizer
      Perjuangkan Keindahan Bawah Laut Pulau Bangka, 'Warga Italy' Hampir Menangis di DPRD Minut

      Foto: Clara asal negara Italy, pemilik resosrt Mata Karang di Pulau Bangka saat menyampaikan pendapatnya menolak adanya pertambangan di pulau kecil di Pulau Bangka dalam hearing bersama DPRD Minut, Rabu (8/10/2014) sore Airmadidi - Kenapa kita menolak ada pertambangan di Pulau Kecil, Pulau Bangka yang kaya akan keindahan alam terlebih alam bawah laut?

    2. Realitas Metro TV 22 Oktober 2014 - Jangan Ambil Pulau Kami

      Kaka Slank
      Petition Organizer
      Realitas Metro TV 22 Oktober 2014 - Jangan Ambil Pulau Kami

      Realitas Metro TV 22 Oktober 2014 - Jangan Ambil Pulau Kami Realitas Metro TV 22 Oktober 2014 - Jangan Ambil Pulau Kami Realitas Metro TV 22 Oktober 2014 - Jangan Ambil Pulau Kami Realitas Metro TV 22 Oktober 2014 - Jangan Ambil Pulau Kami Realitas Metro TV 22 Oktober 2014

    3. Jokowi akan Bentuk Satgas Anti Mafia Sumber Daya Alam

      Kaka Slank
      Petition Organizer
      Jokowi akan Bentuk Satgas Anti Mafia Sumber Daya Alam

      Guna menjalankan komitmen perbaikan dan pemulihan kerusakan lingkungan, tata kelola hutan, penyelesaian konflik agraria sampai ketegasan penegakan hukum, Presiden terpilih Joko Widodo, akan membentuk Satuan Tugas Anti Mafia Sumber Daya Alam (SDA). Hal ini dikatakan dalam pidato Jokowi, kala Konferensi Walhi yang dibacakan Anies Baswedan di Jakarta, Selasa (14/10/14).

    4. Izin Eksploitasi Bijih Besi di Pulau Bangka Minut Sudah Keluar

      Kaka Slank
      Petition Organizer
      Izin Eksploitasi Bijih Besi di Pulau Bangka Minut Sudah Keluar - Tribun Manado

      TRIBUNMANADO.CO.ID, AIRMADIDI - Rapat dengar pendapat pimpinan dan Anggota DPRD Minahasa Utara bersama Eksekutif Dinas Pertambangan serta PT Mikro Metal Perdana (PT MMP) berlangsung hangat dan banjir pertanyaan dari anggota dewan. Rapat membahas Hutan Produksi terbatas dan pembebasan lahan di Pulau Bangka.

    5. Richard Branson and Virgin group: The island of Bangka — in North Sulawesi, Indonesia — needs our help

      Kaka Slank
      Petition Organizer

      Bahasa Indonesia text version included — read the full article!
      www.virgin.com/richard-branson/stop-mining-paradise-save-bangka

      Stop mining paradise: Save Bangka - Virgin.com

      Located in the Celebes Sea in North Sulawesi, Bangka Island is home to some of the world's most diverse and pristine reefs. Despite its ecological significance, the idyllic atoll sits just outside a marine protected area and national park; and measures that were once in place to safeguard it have ...

    6. Suara Tanah Bangka— Jejak Petualang

      Kaka Slank
      Petition Organizer
      Jejak Petualang 9 september 2014 - Suara tanah bangka

      Jejak Petualang 9 september 2014 - Suara tanah bangkaJejak Petualang 9 september 2014 - Suara tanah bangka

    7. Polemik PT MMP Pulau Bangka Masuki Babak Baru

      Kaka Slank
      Petition Organizer
      Polemik PT MMP Pulau Bangka Masuki Babak Baru

      Manado, Pilarsulut.com - Polemik yang terjadi dengan hadirnya PT Metal Mikgro Perdana (MMP) di Pulau Bangka Likupang dengan melibatkan pihak perusahaan tambang biji besi dan warga sekitar lokasi tambang tersebut mulai memasuki babak baru. Hal itu dibuktikan dengan sikap DPRD Sulut akan masalah tersebut.

    8. Sejumlah Lembaga Tolak Rokhmin Dahuri Jadi Menteri Jokowi

      Kaka Slank
      Petition Organizer
      Sejumlah Lembaga Tolak Rokhmin Dahuri Jadi Menteri Jokowi

      Mantan Menteri Kelautan dan Perikanan Rokhmin Dahuri (iisd.ca) JAKARTA, GRESNEWS.COM - Keberadaan sejumlah orang dengan track record kurang bersih di sekitar pasangan presiden terpilih Jokowi-JK dicemaskan banyak pihak. Keberadaan orang-orang tersebut justru berdampak kemunduran, serta bertolak belakangan dengan semangat Jokowi-JK yang mengusung jargon pemberantasan korupsi.

    9. Mohon dukung petisi baru!

      Kaka Slank
      Petition Organizer
      Joko Widodo & Jusuf Kalla: Rokhmin Dahuri Mantan Terpidana Korupsi Tak Layak Jadi Menteri di Kabinet JKW-JK

      Rokhmin Dahuri dijerat KPK dengan Pasal 12 UU 31/1999 dan dinyatakan bersalah oleh Pengadilan Tindak Pidana Korupsi pada tanggal 23 Juli 2007 dengan...

    10. DPRD Minut Dituntut Menonaktifkan Bupati Sompie Singal

      Kaka Slank
      Petition Organizer
      DPRD Minut Dituntut Menonaktifkan Bupati Sompie Singal

      Airmadidi - Institusi DPRD Minut dituntut unjuk gigi menonaktifkan Bupati Minut, Sompie Singal oleh perwakilan warga Pulau Bangka. Hal itu dinilai karena bupati telah melakukan rangkaian perbuatan tercela dalam pemerintahannya atau abuse of power. "Bahkan oleh PTUN Manado, menyatakan Bupati Minahasa Utara tidak taat hukum," ujar Yul Takaliuang dari pihak masyarakat Pulau Bangka pada BeritaManado.Com saat membawa aspirasi mereka di DPRD Minut, Kamis (28/8/2014) siang tadi.

    11. Imanuel Budiman: Tidak Ada Untung Pertambangan di Pulau Bangka

      Kaka Slank
      Petition Organizer
      Imanuel Budiman: Tidak Ada Untung Pertambangan di Pulau Bangka

      Manado - Dua fraksi di DPRD Sulut tetap konsisten menolak aktivitas pertambangan di Pulau Bangka. Ketua Fraksi Partai Golkar (F-PG) Deprov Eddyson Masengi dan anggota F-PDIP Imanuel Budiman berpendapat sebagai pulau kecil dan kawasan pariwisata Pulau Bangka harus bebas pertambangan.

    12. Gadis Ini Diduga Diperkosa Para Pekerja PT MMP di Pulau Bangka

      Kaka Slank
      Petition Organizer
      Kriminal: Gadis Ini Diduga Diperkosa Para Pekerja PT MMP di Pulau Bangka

      Airmadidi - Seorang gadis yang masih duduk di bangku Sekolah Menengah Atas (SMA) diduga diperkosa empat orang. Pelaku pemerkosa dikabarkan sebagai pekerja di PT Migkro Metal Perdana (MMP). Informasi yang diterima BeritaManado.com, kejadian itu terjadi, Selasa (29/7/2014) sekitar pukul 19.00 Wita, di sebuah tempat tinggal bagi aparat keamanan yang menjaga aktivitas PT MMP di Desa Ehe, Pulau Bangka.

    Supporters

    Reasons for signing

    • Barbara Moll HEIDELBERG, GERMANY
      • 12 days ago

      Save our enviroment!

      REPORT THIS COMMENT:
      • 12 days ago

      please save this beauty land :(

      REPORT THIS COMMENT:
    • Kianto Sukrianto INDONESIA
      • 21 days ago

      Karena semua ini permasalahan kemanusiaan

      REPORT THIS COMMENT:
    • anggareksa ps MAKASSAR, INDONESIA
      • 21 days ago

      Kangan rusak keindahan pulau Bangka hanya untuk kepentingan tambang

      REPORT THIS COMMENT:
    • Tommy Rompas INDONESIA
      • about 1 month ago

      Ekploitasi pulau Bangka ajan membawa dampak kerusajan lingkungan yg sangat besar.

      REPORT THIS COMMENT:

    Develop your own tools to win.

    Use the Change.org API to develop your own organizing tools. Find out how to get started.