• Petitioned GARUDA INDONESIA

This petition was delivered to:

Maskapai Penerbangan
GARUDA INDONESIA
Garuda Indonesia
web Garuda Indonesia
Admin

Hentikan Diskriminasi Layanan kepada TKI atau Kami Boikot GARUDA INDONESIA

    1. Buruh Migran
    2. Petition by

      Buruh Migran

      Djogjakarta, Indonesia

Faridah Aini adalah Calon Tenaga Kerja Indonesia (TKI) yang gagal berangkat ke Dubai, Uni Emirat Arab (UEA) karena ditolak Garuda Indonesia dengan alasan tidak memiliki Kartu Tenaga Kerja Luar Negeri (KTKLN). Lebih tragis, koper milik Faridah sudah tiba di Dubai dan dikembalikan ke Solo (setelah 4 hari) dalam kondisi rusak, jebol, dan tidak dapat digunakan kembali.

Aneh?, padahal apa wewenang Garuda Indonesia?, apakah Garuda mengurusi KTKLN?, mengapa penerbangan TKI tanpa KTKLN dibatalkan/dicegah?, padahal Maskapai penerbangan, BNP2TKI, atau Pejabat Imigrasi BUKAN pihak yang berwenang untuk mencegah atau membatalkan keberangkatan TKI, sebagaimana diatur dalam Pasal 91 ayat 2 huruf f UU Keimigrasian No.6 tahun 2011 tentang Keimigrasian junto Pasal 100 ayat 2 dan ayat 3 UU No.39 Tahun 2004 Tentang Penempatan dan Perlindungan TKI di Luar Negeri.

Secara hukum, jika tindakan pencegahan yang dilakukan Garuda Indonesia lantaran KTKLN sampai membuat TKI dirugikan dan kehilangan pekerjaaan di luar negeri, maka hal itu adalah bentuk penyalahgunaan kekuasaan (onrechtmatige overheidsdaad) dan bahkan dapat digolongkan sebagai tindak pidana kejahatan jabatan (ambtsmisdrijven) yang melanggar ketentuan Pasal 421 KUHP.

Perlakuan buruk Garuda Indonesia pada TKI tidak hanya dialami Faridah Aini, beberapa TKI yang akan berangkat ke Hong Kong, Taiwan, dan negara penempatan lainnya juga mengalami hal serupa, ditolak Garuda Indonesia karena tanpa KTKLN.

Sekali lagi Garuda Indonesia telah melanggar hukum, karena seperti dijelaskan di UU Keimigrasian, bahwa mereka sama sekali tidak berwenang mencegah atau membatalkan penerbangan TKI tanpa KTKLN. Selain gagal berangkat, terbukti para TKI "diping-pong" Pihak Garuda untuk mengurus KTKLN da TKI juga mendapat pelayanan buruk terkait layanan bagasi.

Cukup sudah pelanggaran hukum yang dilakukan Garuda Indonesia. TKI kembali menjadi korban, gagal berangkat dan bekerja ke luar negeri. Jika pelanggaran ini terus dilakukan oleh Garuda Indonesia, maka melalui petisi ini, ribuan jejaring komunitas TKI di luar negeri, para profesional, dan semua pihak yang peduli pada hak-hak TKI, siap memboikot Garuda Indonesia.

-Salam Perjuangan-

Recent signatures

    News

    1. Reached 50 signatures
    2. Soal KTKLN, TKI Hong Kong Dipersulit Garuda Indonesia

      Buruh Migran
      Petition Organizer

      Feri dan Nana berangkat ke Hong Kong 21 Oktober 2012 setelah mengambil cuti satu bulan di Indonesia. Saat cuti, mereka berniat untuk mengurus KTKLN di Kantor BP3TKI Semarang (1/10/2012). Namun rencana mereka gagal karena pengajuan pembuatan KTKLN ditolak pihak BP3TKI. Pihak BP3TKI beralasan mereka harus melalui Pelaksana Penempatan Tenaga Kerja Indonesia Swasta (PPTKIS/PJTKI) untuk mengurus KTKLN. Padahal status mereka adalah TKi yang sedang cuti, mengapa untuk urus KTKLN harus masuk PPTKIS?.

      BP3TKI Semarang saat itu menyarankan mereka masuk salah satu PPTKIS di Semarang. Sayang PPTKIS yang mereka temui meminta uang Rp 2 juta untuk pembuatan KTKLN. Feri dan Nana tentu saja menolaknya. Saat ditanya uangnya untuk apa saja?, mereka tidak bisa menjelaskan alasannya. 21 Oktober 2012, Feri dan Nana berangkat dengan rute penerbangan dari Bandara Ahmad Yani Semarang-Bandara Soekarno Hatta – Hong Kong.

      Selengkapnya baca di: http://buruhmigran.or.id/2012/10/31/bnp2tki-soal-ktkln-tki-hong-kong

      Soal KTKLN, TKI Hong Kong Dipersulit Garuda Indonesia | Pusat Sumber Daya Buruh Migran

      21 Oktober 2012, Feri dan Nana berangkat dengan rute penerbangan dari Bandara Ahmad Yani Semarang-Bandara Soekarno Hatta - Hong Kong. Saat chek in di Semarang, petugas dari maskapai penerbangan Garuda Indonesia meminta mereka untuk menunjukkan KTKLN. Hal semacam ini aneh, karena tidak ada landasan hukum bagi Garuda Indonesia untuk memeriksa dan menanyakan KTKLN.

    3. Garuda Indonesia Gagalkan Faridah ke Dubai

      Buruh Migran
      Petition Organizer

      Pada Minggu 21 Oktober 2012 pukul 18.45 WIB, Faridah terbang ke Jakarta dari Bandara Adi Sumarmo Solo menggunakan pesawat Garuda Indonesia GA 227. Tiket Garuda Indonesia bernomor 126 2055244362 dan kode konfirmasi JWKMQL milik Faridah dibelikan oleh majikan dengan rute Solo-Jakarta-Dubai.

      Pesawat tiba di Jakarta terlambat satu jam, Faridah oleh petugas Garuda Indonesia disarankan langsung menuju loket Imigrasi. Petugas Imigrasi menolak Faridah karena belum memegang boarding pass dari maskapai penerbangan. Saat kembali ke loket check in Faridah mendapati loket Garuda sudah ditutup. Pesawat penerbangan ke Dubai pun sudah berangkat.

      Alih-alih memberikan informasi, Petugas Garuda Indonesia yang ditemui Faridah justru menanyakan KTKLN milik Faridah. Ia lalu mencoba mengurus KTKLN di Konter BNP2TKI namun ditolak, karena Faridah menggunakan proses TKI mandiri tanpa PJTKI/PPTKIS.

      Selengkapnya baca di: http://buruhmigran.or.id/2012/10/31/ktkln-bnp2tki-garuda-indonesia-gagalkan-faridah-ke-dub

      Garuda Indonesia Gagalkan Faridah ke Dubai | Pusat Sumber Daya Buruh Migran

      Secara mendasar, aksi pencegahan dan pembatalan TKI tanpa KTKLN oleh Garuda Indonesia adalah tindakan melanggar hukum. Secara hukum, maskapai penerbangan, petugas BNP2TKI, atau Pejabat Imigrasi bukanlah pihak yang berwenang mencegah atau membatalkan keberangkatan TKI, sebagaimana diatur dalam Pasal 91 ayat 2 huruf f UU Keimigrasian No.6 tahun 2011 tentang Keimigrasian junto Pasal 100 ayat 2 dan ayat 3 UU No.39 Tahun 2004 Tentang Penempatan dan Perlindungan TKI di Luar Negeri.

    Supporters

    Reasons for signing

    • joy sandi JOMBANG, INDONESIA
      • almost 2 years ago

      HAPUS dan HAPUS

      REPORT THIS COMMENT:
    • muhammad alisodik KEDIRI, INDONESIA
      • almost 2 years ago

      namanya Garuda INDONESIA kalau gak mau dtumpangi ama Tenaga Kerja INDONESIA apa kata dunia...............

      REPORT THIS COMMENT:
    • iy yan ILAN CITY, TAIWAN
      • almost 2 years ago

      Iyan

      REPORT THIS COMMENT:
    • Dhimas Alfieraputra JOHOR, MALAYSIA
      • almost 2 years ago

      Kursuskan PNS Yg gk becus bahasa Inggeris (terutama Yg berkaitan dg urusan luar negeri) memalukan.....

      REPORT THIS COMMENT:
    • Phoenix Swanlake HONG KONG, HONG KONG
      • almost 2 years ago

      Belum pernah terdengar pujian, yang Ada hanya keluhan tentang ktkln. Kenapa Garuda mesti turut menyusahkan penumpannya gara2 ktkln????!!!!!!&

      REPORT THIS COMMENT:

    Develop your own tools to win.

    Use the Change.org API to develop your own organizing tools. Find out how to get started.